Siap Sambut Wisman, Amsakar Minta Warga Batam Tetap Waspada Lonjakan Corona

Siap Sambut Wisman, Amsakar Minta Warga Batam Tetap Waspada Lonjakan Corona

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Batam, Batamnews - Kota Batam, Kepulauan Riau bersiap menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman). Sejumlah persiapan sudah dilakukan, salah satunya cek kekebalan tubuh warga.

Wakil Wali Kota, Amsakar Achmad mengatakan persiapan untuk menyambut kedatangan wisman sudah hampir pada proses akhir. Survei kekebalan tubuh juga sudah menuju tahap akhir, tinggal menunggu hasil survei.

"Alhamdulillah, bertahap, dan langkah demi langkah prosesnya sudah dilalui. Saya berharap hasil kerja keras Batam dalam mempersiapkan diri menyambut awal yang baru bagi kita semua," ujar Amsakar, Senin (1/11/2021).

Kota Batam ditunjuk sebagai pilot project untuk menyambut kedatangan wisman, menurutnya harus lebih meningkatkan kewaspadaan, dan pengawasan, agar kondisi saat ini bisa dipertahankan.

"Jangan lengah. Kalau tidak mau kasus naik, semua harus berperan. Kita sudah rasakan sakitnya dibatasi dan tidak bisa melakukan aktivitas bebas. Lapak jualan harus tutup, karyawan harus dirumahkan. Kalau tidak mau ini terjadi, mari jaga Batam," kata dia.

Ia menyampaikan sudah 18 bulan terakhir ini, seluruh pihak sudah berupaya dengan baik untuk melawan Covid-19. Dan upaya tersebut sudah mulai menunjukkan kabar baik, kasus Covid-19 sudah mulai turun secara signifikan.

Selain itu, realisasi capaian vaksinasi Covid-19 di Batam juga sudah hampir menuju 90 persen. Dengan begitu, warga Batam sudah mulai memperkuat imun dari virus Sars-Cov-2.

"Hari ini capaian vaksin sudah mencapai 86 persen. Masih ada utang yang harus dilunasi yakni 14 persen, agar sesuai dengan permintaan negara yang selama ini menjadi penyumbang wisman terbanyak bagi Batam," jelasnya.

Capaian vaksin ini turut mempengaruhi level PPKM Kota Batam. Saat ini Batam berhasil mempertahankan level 1 dan tidak mengalami kenaikan level. Capaian ini harus terus ditingkatkan, termasuk menekan jumlah angka kasus.

"Angka kasus kita saat ini memang masih ada, meskipun tidak setiap hari ada kasus yang positif dikonfirmasi. Ini merupakan hal baik. Tentu kami berharap capaian ini terus membaik. Kalau bisa zero kasus dalam jangka waktu yang lama, sehingga pemulihan sektor bisa dipercepat," kata dia.

Sebagai Wakil Ketua Satgas Penangan dan Percepatan Covid-19 Batam, ia menargetkan realisasi vaksinasi sebesar 100 persen harus segera tercapai.

Kelonggaran yang sudah diberikan diharapkan bisa tetap dijaga. Kemudahan yang diberikan bukan berarti tidak mematuhi protokol kesehatan yang masih diberlakukan saat ini.

Antisipasi gelombang ketiga seperti yang mulai terjadi di daerah lain, yang mengakibatkan lonjakan kasus mereka mengalami kenaikan, harus dijadikan pelajaran.

“Negara sebelah juga sedang berupaya menghadapi gelombang ketiga, setiap hari kenaikan kasus mencapai 3 ribu orang,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews