Ada Corona Varian Deltacron, Ketahui 4 Gejalanya

Ada Corona Varian Deltacron, Ketahui 4 Gejalanya

Ilustrasi (Foto: iStockphoto/Khaosai Wongnatthakan)

Jakarta, Batamnews - Para ilmuwan melaporkan temuan kasus varian baru dari virus Corona yang disebut Deltacron, gabungan dari varian Delta dan Omicron. Temuan tersebut dikonfirmasi melalui pengurutan genom yang dilakukan ilmuwan di IHU Méditerranée Infection di Marseille, Perancis.

Begitu juga dengan Badan Keamanan Kesehatan Inggris dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang turut mengkonfirmasi hal yang sama.

Varian Deltacron disebut-sebut memicu gejala yang mirip dengan varian Covid-19 lainnya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Juru Bicara Satgas Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro.

Baca juga: Fakta-fakta Deltacron, Varian Corona yang Bikin Pusing WHO

"Jadi gejalanya sama-sama seperti SARS-CoV-2. Gejalanya sama-sama menyerang tubuh kita," tandasnya, dalam diskusi daring, Senin (14/3/2022).

Adapun gejala Deltacron menurut dr Reisa, seperti:

• Batuk
• Pilek
• Sakit tenggorokan
• Demam

"Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan ada demam, menyerupai flu sebaiknya dilakukan antigen (test swab) sesegera mungkin," ujar dr Reisa dalam Siaran Sehat 'Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19 di Indonesia', Minggu (27/2/2022)

Selain batuk-pilek, varian Deltacron juga memicu gejala anosmia atau kehilangan indra penciuman. Hal ini diprediksi karena variannya didominasi oleh Delta dengan tambahan protein spike yang berasal dari Omicron.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews