Bupati Rafiq Yakin Karimun Segera Terapkan PPKM Level 2

Bupati Rafiq Yakin Karimun Segera Terapkan PPKM Level 2

Kawasan Coastal Area Karimun yang mulai ramai kembali di tengah penerapan PPKM Level 3. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau meyakini status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan segera turun menyusul menurunnya kasus Covid-19.

Update terakhir kasus Covid-19 di Karimun menunjukkan ada 24 pasien dinyatakan sembuh dan terjadi penambahan sebanyak 15 kasus. Sehingga kasus aktif yang tercatat di Karimun ada sebanyak 220 kasus.

"Perkembangan Covid-19 di daerah kita Alhamdulillah sudah mulai menurun, namun PPKM level 3 kita belum dicabut. Tapi, saya berkeyakinan dalam waktu dekat kita akan turun ke PPKM level 2," kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (15/3/2022).

Disampaikan juga bahwa, untuk kasus positif Covid-19 saat ini, baik yang terpapar varian Omicron, banyak yang melakukan karantina secara mandiri di rumah.

Kemudian, pasien yang dirawat di RSUD Muhammad Sani, Puskesmas Meral Barat, dan di Pusat Karantina tidak juga berkurang.

"Untuk yang dirawat, jumlahnya sangat kecil dari jumlah yang positif saat ini, banyak yang menjalani isolasi mandiri," ujar Rafiq.

Kemudian, untuk tingkat kesembuhan juga meningkat drastis. Seletah menjalani isolasi selama 5 hingga 6 hari dengan pengawasan ketat, pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Ia mengharapkan masyarakat untuk selalu mentaati dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat termasuk mengambil vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

"Serta melakukan vaksin 1,2 dan booster, itu akan semakin terlindungi. Karena kita lihat, dengan vaksin daya tahan tubuh semakin kuat," ucap Bupati.

(aha)