Jokowi Pimpin Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara di Titik Nol IKN

Jokowi Pimpin Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara di Titik Nol IKN

Presiden Jokowi memimpin prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara, di Titik Nol IKN, Senin (14/03/2022). (Foto: ist/Setkab)

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo memimpin prosesi kendi nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Senin, 14 Maret 2022.

Dalam prosesi tersebut, sebanyak 34 kepala daerah atau gubernur membawa tanah dan air dari setiap provinsi untuk di satukan di tanah IKN sebagai simbol wujud persatuan kuat dalam pembangunan IKN.

Melansir Suara.com, prosesi kendi nusantara ini disiarkan secara virtual sekitar pukul 09.45 WIB dari akun Youtube Seketariat Presiden.

Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengatakan, pembangunan ibu kota baru merupakan cita-cita dan pekerjaan besar yang akan disegerakan guna memulai pembangunan IKN.

Jokowi mengatakan, dalam prosesi kendi nusantara tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur dari 34 provinsi di Indonesia merupakan bentuk kebinekaan dan persatuan yang kuat dalam pembangunan IKN.

"Tanah dan air yang di bawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan dijadikan lokasi IKN. Serta bentuk kebinekaan dan persatuan yang kuat diantara kita, dalam rangka pembangunan IKN," kata Jokowi dalam sambutan di titik nol IKN Kalimantan Timur secara virtual, Senin, (14/3/2022).

Jokowi pun tidak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak dalam proses pembangunan IKN. Serta komponen masyarakat yang mendukung agar harapan pembangunan IKN dapat terwujud.

"Ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), TNI, POLRI, swasta, dan seluruh masyarakat yang mendukung IKN agar cita-cita kita bisa terwujud," ujar Presiden.

Jokowi juga berpesan agar masyarakat dan semua pihak untuk berdoa agar segala urusan dan proses dalam pembangunan IKN dapat berjalan lancar.

"Semoga dan kita pun berdoa supaya hidayah dan barokah serta kemudahan dalam pembangunan IKN ini," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan para Gubernur dari 34 provinsi seluruh Indonesia berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Sebelumnya, Jokowi dan para gubernur sudah tiba di Kalimantan Timur sejak Minggu sore untuk selanjutnya berangkat ke lokasi IKN.

Dalam hal ini, para gubernur membawa tanah dan air dari wilayahnya masing-masing untuk disatukan di tanah Ibu Kota Negara yang baru.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews