Jokowi Bakal Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Jokowi Bakal Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Bambang Susantono. (Foto: Instagram/@bambangsusantono)

Jakarta - Presiden Jokowi dikabarkan akan melantik  menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) pada hari ini, Kamis (10/3/2022). 

Dilansir kumparan, sumber di lingkaran Istana membenarkan rencana pelantikan Bambang Susantono. Namun, detailnya belum diketahui.

"Ya, yang terkuat sejauh ini beliau (Bambang Susantono)," ujar sumber tersebut.

Adapun nama Bambang Susantono memang sudah santer menjadi calon kuat Kepala Otorita IKN. Dia dinilai sosok paling tepat memimpin ibu kota baru dengan berbagai pengalaman yang dimiliki.

Saat ini, Bambang menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Knowledge Management and Sustainable Development di Asian Development Bank (ADB). Dia berkantor di Manila, Filipina, yang merupakan kantor pusat ADB.

Bambang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjabat periode 2010-2014. Saat itu Menteri Perhubungan dijabat E.E. Mangindaan dan digantikan oleh Freddy Numberi.

Dia juga sempat menduduki kursi Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah periode 2007-2010. 

Setelah mendapat gelar pendidikan S1 dari teknik Sipil ITB, Bambang mengambil pendidikan S2 yaitu jurusan Teknik Transportasi serta Perencanaan Wilayah dan di Kota University of California Berkeley Amerika Serikat. Ia kembali melanjutkan pendidikan di tempat yang sama, dengan mengambil jurusan Perencanaan Infrastruktur.

Adapun kumparan telah menghubungi Bambang ke dua nomor telepon selulernya sejak bulan lalu. Namun belum ada balasan. Begitupun pada hari ini, telepon dan pesan Whatsapp tak kunjung mendapat balasan, baik ke nomor ponsel Indonesia maupun Filipina.

Selain melantik Bambang Susantono, Presiden  juga dikabarkan akan melantik Dhony Rahajoe sebagai wakil Kepala Otorita.

Dhony Rahajoe kini menjabat Managing Director President Office Sinar Mas Land, sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang properti.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews