Disdik Kepri Anggarkan Rp 188 Miliar Tambah 108 Ruang Kelas Baru di Batam

Disdik Kepri Anggarkan Rp 188 Miliar Tambah 108 Ruang Kelas Baru di Batam

Ilustrasi ruang kelas di SMA Batam.

Batam, Batamnews - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan menambah 108 ruang kelar (RKB) untuk satuan pendidikan tingkat SMA/SMK di Kota Batam. Penambahan RKB tersebut akan dilaksanakan pada tahun ini. 

Kepala Disdik Kepri, Andi Agung menyebutkan dari 108 RKB, untuk tingkat SMA akan mendapat 41 RKB, sedangkan untuk SMK ada 67 RKB. Penambahan RKB dianggarkan sebesar Rp 188 miliar. 

“Akan dibangun tahun, jadi RKB diperbanyak,” ujar Andi saat meninjau kantor cabang Disdik Kepri di Batam, Jumat (11/3/2022). 

Adapun penambahan ruang kelas baru ini untuk mengantisipasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023. Selain itu untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. 

Selain itu, beberapa sekolah masih ada ruang kelas yang baru dibangun hanya dua ruangan saja.

“Seperti di SMA 27 dan SMA 28, masih hanya 2 ruangan, makanya tahun ini ditambah,” jelasnya. 

Pada kesempatan itu, Andi juga menjelaskan saat ini pihaknya sedang melakukan validasi terhadap peserta didik yang memperoleh sekolah gratis. Validasi ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih. 

“Supaya tak overlapping, karena ada dana BOS, ada dana komite,” katanya. 

Biaya sekolah gratis ini kata Andi merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi dengan menggunakan APBD, sebesar Rp 19 miliar untuk SMA dan SMK. 

“Sudah belasan ribu anak yang kami validasi, untuk anak-anak miskin serta bagi anak hinterland untuk biaya transportasi laut,” kata dia.

(ret)