Israel Siap Tampung 25.000 Pengungsi Ukraina

Israel Siap Tampung 25.000 Pengungsi Ukraina

Pengungsi Ukraina di Siret, perbatasan Ukraina-Rumania pada 2 Maret 2022. (Foto: AFP)

Kiev, Batamnews - Israel menyampaikan pada Selasa siap menerima sampai 5.000 orang Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia dan mengizinkan 20.000 lainnya yang tiba sebelum pertempuran dimulai tetap tinggal di negara itu sementara.

Kebijakan ini dipaparkan Menteri Dalam Negeri Israel, Ayelet Shaked dalam konferensi pers. Shaked juga mengatakan Israel bersiap dengan kemungkinkan masuknya puluhan ribu orang Ukraina yang warisan Yahudinya memberika mereka status imigran berdasarkan hukum Israel.

"Israel akan menampung sementara sekitar 20.000 warga negara Ukraina yang pindah, sebagian besar dari mereka ilegal, di Israel sebelum pertempuran pecah," jelasnya, mengacu pada pelancong dan pekerja, seperti perawat lansia yang visanya telah habis masa berlakunya.

"Di samping itu, jika, amit-amit ya, pertempuran tidak berakhir pada waktu yang seharusnya, kami akan mengizinkan mereka bekerja di Israel," lanjutnya, dilansir laman Al Arabiya, Rabu (9/3/2022).

Shaked mengatakan, sebanyak 5.000 warga negara Ukraina yang melarikan diri saat perang pecag diizinkan masuk dan diberikan visa dengan masa tiga bulan. Mereka juga diizinkan mencari kerja jika situasi di Ukraina tak berubah.

Pekan lalu, Perdana Menteri Israel, Naftali Bennet melakukan pembicaraan di Moskow dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan berbicara melalui telepon dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. Putin dan Bennet kembali membahas konflik di Ukraina melalui telepon pada Selasa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews