BWF Batalkan Sejumlah Turnamen Bulutangkis Imbas Perang Rusia Vs Ukraina

BWF Batalkan Sejumlah Turnamen Bulutangkis Imbas Perang Rusia Vs Ukraina

ilustrasi (Foto: Creative Commons)

Jakarta, Batamnews - Badminton World Federation (BWF) membatalkan sejumlah turnamen imbas dari peperangan Rusia vs Ukraina. Induk organisasi bulutangkis dunia itu juga mengecam peperangan tersebut.

Dalam laman resminya, BWF merespons situasi yang terjadi antara kedua negara, Ukraina dan Rusia. Mereka mengkhawatirkan keselamatan rakyat, serta komunitas bulutangkis Ukraina.

"BWF berkeyakinan kuat bahwa setiap konflik harus diselesaikan tanpa menggunakan kekerasan dalam bentuk apapun dan lebih memilih menggunakan perdamaian dan solidaritas di antara semua orang. BWF juga sangat prihatin dengan keselamatan rakyat Ukraina, dan Komunitas Bulu Tangkis Ukraina termasuk pemain, pelatih, dan ofisial," bunyi pernyataan BWF.

Baca juga: Kisah Bocah Ukraina: Lari dari Kiev, Tinggalkan Ayahnya yang Perang Lawan Rusia

"BWF sepenuhnya mendukung pernyataan publik dari Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional dan menyatakan kekecewaan dan kecaman keras atas pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintah Rusia dan Belarusia terhadap Gencatan Senjata Olimpiade Majelis Umum PBB. BWF berdiri dalam solidaritas penuh dengan seluruh gerakan olahraga internasional untuk menyerukan semua pihak menghentikan tindakan kekerasan dan memulihkan perdamaian."

Tak hanya mengecam, BWF juga telah mengambil langkah kongkret sebagai bentuk reaksi atas situasi perang yang terjadi. Termasuk, membatalkan turnamen yang sebelumnya disetujui BWF digelar di Rusia dan Belarus.

Adapun sejumlah turnamen yang diselenggarakan Rusia di antaranya Junior White Nights 2022 pada 30 Juni sampai 3 Juli 2022, White Nights 2022 pada 6-10 Juli. "Tidak ada turnamen BWF lain yang akan dialokasikan ke Rusia atau Belarusia hingga pemberitahuan lebih lanjut," sebutnya.

Baca juga: Rusia Kerahkan Pasukan Serang Kharkiv, Kota Terbesar Kedua di Ukraina

"Bendera nasional Rusia dan Belarusia tidak boleh dikibarkan, dan lagu kebangsaan Rusia dan Belarusia tidak boleh dimainkan, di turnamen manapun yang disetujui BWF sampai pemberitahuan lebih lanjut."

"BWF juga akan mengomunikasikan simpati dan keprihatinan terdalamnya kepada Asosiasi Bulu Tangkis Ukraina dan akan mengoordinasikan dukungan khusus kepada komunitas Bulu Tangkis Ukraina jika memungkinkan."

Selanjutnya, BWF akan terus memantau situasi dengan cermat dan secara proaktif akan berkonsultasi dengan mitra gerakan olahraga internasional kami untuk membahas opsi lain yang berpotensi memperkuat tindakan terhadap pemerintah Rusia dan Belarus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews