Ukraina-Rusia Memanas, Maskapai Ramai-ramai Batalkan Penerbangan

Ukraina-Rusia Memanas, Maskapai Ramai-ramai Batalkan Penerbangan

Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext

Jakarta, Batamnews - Dua maskapai yaitu Air France dan Lufthansa Group, menangguhkan penerbangan ke Ukraina karena kekhawatirannya akan invasi yang dilakukan Rusia.

Air France mengatakan bahwa mereka akan membatalkan penerbangan ke dan dari Kyiv, pada Selasa pagi.

Baca juga: Rusia Siapkan Serangan ke Ukraina dari Segala Penjuru

"Air France akan secara teratur menilai kembali situasi dan mengingatkan bahwa keselamatan dan keamanan penerbangannya, pelanggan, dan awaknya adalah keharusan mutlak," kata Air France dikutip dari CNN, Senin (21/02/2022).

Senada dengan Air France, Lufthansa Group juga melakukan ini karena merupakan tindakan pencegahan demi keselamatan penumpang dan awak maskapai.

"Keselamatan penumpang dan awak kami adalah prioritas utama kami setiap saat. Karena situasi saat ini di Ukraina, maskapai Lufthansa Group menangguhkan penerbangan reguler mereka ke Kyiv dan Odessa," kata Lufthansa Group.

Diketahui penangguhan penerbangan anggota Lufthansa Group yaitu Swiss International Air Lines, Eurowings dan Austrian Airlines akan berjalan hingga akhir bulan.

 

Oleh karena itu, Lufthansa Group yang biasanya menjalankan 94 penerbangan ke dan dari Ukraina, mengatakan akan menjadwal ulang penumpang-penumpangnya dan diganti ke rute alternatif.

Selain itu, penerbangan Lufthansa Group ke Lviv, akan tetap berjalan seperti biasa. Karena Amerika Serikat (AS) telah memindahkan kedutaannya dari Kyiv ke Lviv minggu lalu.

Baca juga: Biden: Masih Sangat Mungkin Rusia akan Serang Ukraina

Tindakan penangguhan ini merupakan tindakan pencegahan. Mengingat pada 2014, penerbangan Malaysia Airlines dari Amsterdam ke Kuala Lumpur jatuh di Ukraina Timur dan menewaskan 298 jiwa.

Berdasarkan penyelidikan, pesawat Malaysia Airlines terkena peluncur rudal milik militer Rusia, namun Rusia berulang kali membantah akan hal itu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews