Rusia Tarik Pasukan dari Perbatasan Ukraina

Rusia Tarik Pasukan dari Perbatasan Ukraina

Latihan perang di daerah yang dikendalikan Operasi Pasukan Gabungan di wilayah Donetsk, Ukraina timur. (AP/Vadim Ghirda)

Rusia, Batamnews - Rusia dan Ukraina kemungkinan batal perang. Laporan terbaru menyebutkan beberapa tentara Rusia yang berada di dekat Ukraina diminta kembali ke pangkalan setelah menyelesaikan latihan.

Informasi ini berasal dari Kementerian Pertahanan Rusia. Kantor berita Rusia Interfax, yang mengutip pernyataan itu, menyebutkan latihan skala besar di seluruh negara tersebut masih berlanjut.

Baca juga: Presiden Ukraina Minta Bukti Rumor Rusia Siap Perang Rabu

Namun beberapa unit distrik militer di bagian Selatan dan Barat telah menyelesaikan latihan mereka dan mulai kembali ke pangkalan, dikutip dari Reuters, Selasa (15/2/2022).

Dalam rekaman video yang disediakan pihak Kementerian, terlihat beberapa tank dan kendaraan lapis baja dimuat ke dalam gerbong kereta api.

Menurut Kementerian itu, pemindahan beberapa perangkat keras akan dilakukan dengan menggunakan truk. Sementara pasukan akan berbaris menuju pangkalan sendiri.

Keputusan itu berbeda dengan pernyataan Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Kedua negara meyakini Rusia siap menyerang Ukraina kapan saja.

Bahkan Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss perlu melihat pemindahan besar-besaran yang dilakukan Rusia dari perbatasan Ukraina. Menurutnya ini cara untuk meyakini Moscow tak punya rencana melakukan invasi.

Baca juga: Warga Ukraina Soal Kans Perang dengan Rusia: Kami Tidak Takut

Sebelumnya, Rusia mengumpulkan lebih dari 100 ribu tentara di dekat perbatasan Ukraina. Termasuk kontingen besar untuk latihan bersama di Belarus hingga 20 Februari mendatang.

Pihak Moscow membantah rencana menyerang Ukraina. Namun berdasarkan jaminan yang mengikat secara hukum dari AS dan NATO, Kyiv dilarang bergabung dengan blok militer. Sejauh ini baik Washington dan Brussel menolak membuat perjanjian tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews