Australia Buka Pintu Masuk Wisatawan 21 Februari, Begini Syaratnya

Australia Buka Pintu Masuk Wisatawan 21 Februari, Begini Syaratnya

Pelancong dengan alat pelindung diri berangkat dari terminal internasional menuju pangkalan taksi di Bandara Sydney pada 29 November 2021. REUTERS/Loren Elliott.

Syndey, Batamnews - Australia akan sepenuhnya membuka kembali pintu masuk ke negara itu untuk semua pemegang visa yang sudah divaksinasi mulai 21 Februari 2022.

Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison mengatakan, hampir dua tahun sejak mereka menutup akses untuk non-warga negara. Hal tersebut untuk mengurangi ancaman virus corona baru.

"Jika sudah dua kali vaksin, kami berharap dapat menyambut anda kembali ke Australia," kata Morrison saat konferensi pers, Senin (7/2/2022).

Pelonggaran aturan perbatasan akan menjadi dorongan bagi maskapai penerbangan, hotel, dan bisnis pariwisata lainnya, terutama sektor-sektor yang paling parah terkena dampak pembatasan ketat lainnya.

Berita ini membuat saham perjalanan dan maskapai penerbangan melonjak, dengan Qantas naik lebih dari 5 persen dan operator perjalanan Flight Center naik lebih dari 7 persen dalam perdagangan sore.

Kontrol perbatasan yang ketat dan penguncian cepat telah membantu Australia untuk mengendalikan Covid di negaranya jauh lebih rendah daripada banyak negara lain. Tetapi rekor tertinggi kasus dalam beberapa pekan terakhir disebabkan oleh varian penyebaran cepat Varian Omicron.

Seminggu terakhir telah terlihat perlambatan infeksi harian dan kasus rumah sakit, dengan Australia melaporkan lebih dari 23.000 kasus baru pada hari Senin, penghitungan terendah untuk 2022 dan jauh dari puncak 150.000 kasus yang terjadi sekitar sebulan lalu.

Perbatasan Australia ditutup pada Maret 2020 untuk melindungi benua pulau ini dari pandemi yang melonjak.

Warga Australia dilarang pergi dan hanya segelintir pengunjung yang diberikan pengecualian untuk masuk. 

Aturan tersebut telah mempengaruhi industri pariwisata negara itu, hingga menuai pro kontra secara status Australia sebagai negara modern, terbuka dan berwawasan ke luar.

PM Australia Scott Morrison memberi sinyal pembukaan kembali perbatasan untuk turis tidak lama lagi

Tingkat pasien Covid di rumah sakit turun ke level terendah dalam beberapa minggu.

Australia telah mengupayakan seoptimal mungkin pembukaan kembali perbatasan sejak akhir tahun lalu, agar pekerja migran, pelajar internasional, dan backpacker kembali bisa memasuki negara itu.

Sekitar 2,4 juta kasus telah dicatat sejak kasus Omicron pertama terdeteksi di Australia pada November. Sampai saat itu, Australia telah menghitung sekitar 200.000 kasus. Total kematian mencapai 4.248 sejak pandemi dimulai.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews