Jangan Kaget, Lalu-lintas Jalan Yos Sudarso-Depan Pelabuhan Batuampar Dialihkan

Jangan Kaget, Lalu-lintas Jalan Yos Sudarso-Depan Pelabuhan Batuampar Dialihkan

Gerbang Pelabuhan Batu Ampar. (Foto: ist/Batamnews)

Batam, Batamnews - Jalan menuju Pelabuhan Batu Ampar bakal terganggu karena adanya proyek galian untuk pemasangan box culvert. 

Akibat hal ini, lalu lintas di Jl Yos Sudarso di depan gerbang pelabuhan itu akan dialihkan. Pengerjaan diperkirakan makan waktu sebulan lebih, 2 Februari - 22 Maret 2022.

Skema pengalihan tahap pertama (3-18 Februari 2022)

Dalam proyek ini, penggalian yang dilakukan di jalan berdimensi panjang 9-13 meter dengan kedalaman 3 meter

Untuk mengurangi dampak kemacetan, Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait menjelaskan, BP kerjasama dengan beberapa instansi seperti Satlantas dan Dinas Perhubungan menentukan skema alternatif pengalihan. 

Skema pengalihan tahap kedua (9 Februari - Maret 2022)

Hal ini meminimalisir gangguan transportasi masyarakat maupun pengguna jasa kepelabuhanan.

Berikut skemanya:

Lalu-lintas dari arah Seraya menuju pintu masuk dermaga timur dan dermaga selatan Pelabuhan Batu Ampar: Pengendara akan dialihkan terlebih dahulu melalui simpang Polsek Batu Ampar, kemudian putar balik (U-turn) menuju Pos Polair tidak jauh dari pintu masuk pelabuhan.

Rute dermaga selatan Pelabuhan Batu Ampar menuju Seraya maupun rute dari Jodoh ke Seraya: Pengendara hanya dialihkan dari ruas jalan kanan ke ruas jalan kiri.

"Pengerjaan ini tiga tahap, pertama berlangsung dari tanggal 3 sampai 18 Februari 2022, tahap kedua tanggal 9 Februari sampai Maret 2022, dan terakhir pada 7 sampai 22 Maret 2022," jelasnya , Rabu (2/2/2022).

Skema pengalihan tahap ketiga (7-22 Maret 2022)

Faktor lamanya pengerjaan juga bisa diakibatkan adanya saluran pipa air, listrik, fiber optik yang berseliweran di area galian. "Sehingga kami membutuhkan waktu untuk mengurai dan memindahkan pipa-pipa utilitas tersebut," kata Tuty.

"BP Batam meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari pekerjaan ini. Kami memohon dukungan agar pekerjaan galian dan pemasangan Box Culvert dapat selesai tepat waktu," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews