Insiden Auto Gate Pelabuhan Batu Ampar, BP Batam Minta Maaf

Insiden Auto Gate Pelabuhan Batu Ampar, BP Batam Minta Maaf

Auto Gate System terminal umum Pelabuhan Batu Ampar. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam, Batamnews - BP Batam minta maaf terkait antrean yang terjadi saat melewati auto gate Pelabuhan Batu Ampar sejak Senin (3/1/2022) malam. Bahkan akibat hal ini sempat terjadi keributan antara sopir truk kontainer dengan petugas pelabuhan.

Diberitakan sebelumnya, barrier salah satu auto gate itu tertabrak oleh sebuah truk. Karena mengalami rusak, selama perbaikan yang memakan waktu hingga Selasa (4/1/2022) siang, praktis hanya satu auto gate yang beroperasi. Antrean tak terelakkan hingga memicu kegerahan pengendara truk kontainer.

Baca juga: Auto Gate Rusak, Sopir Kontainer Ngamuk di Pelabuhan Batu Ampar

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar mengungkapkan permintaan maaf tersebut.

"Saya selaku Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam meminta maaf sebesar-besarnya kepada para pengguna jasa yang selama ini berkegiatan di Terminal Umum Batu Ampar," ucapnya dalam keterangan tertulis di facebook, dikutip Batamnews, Selasa (4/1/2022).

Ia mengakui penyebab kemacetan dan kesalahpahamanan antara pengendara truk dan petugas lapangan, dikarenakan kerusakan pada salah satu barrier gate.

"Senin,(3/1/2022) tadi malam tertabrak oleh salah satu truk pengangkut kontainer. Hal ini menyebabkan hanya satu gate keluar yang dibuka sehingga menyebabkan antrean panjang serta mengakibatkan kesalahpahaman antara pengendara truk dengan petugas lapangan," ucapnya. 

Ia memastikan BP Batam merespon segera insiden ini dalam kurun 15 menit setelah terjadinya insiden tersebut di lapangan, dan suasana berangsur kondusif. 

"Saat ini proses perbaikan gate yang rusak tengah dilakukan dan telah kami lakukan upaya mitigasi demi memecah antrean panjang di gate keluar Terminal Umum Batu Ampar," terang Dendi.

Ia berharap proses perbaikan gate ini dapat segera selesai sehingga pelayanan Auto Gate System dapat kembali optimal beroperasi. 

Baca juga: Rudi Heran, Ombudsman Sebut Tingkat Layanan BP Batam di Bawah Bintan dan Natuna

"Kami juga akan berkomitmen meningkatkan pelayanan dari sisi komunikasi antara petugas dan pengguna jasa, kehandalan sarana dan prasarana serta pembenahan SOP dalam penerapan Auto Gate System yang baru diberlakukan secara menyeluruh ini," terang dia lagi..

"Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami berterima kasih atas masukan kepada kami guna pembenahan dan perbaikan Pelabuhan Batam di masa mendatang," tandasnya.

(ude)