Korea Selatan Susul Iran Jadi Negara Asia Kedua Lolos Piala Dunia 2022

Korea Selatan Susul Iran Jadi Negara Asia Kedua Lolos Piala Dunia 2022

Korea Selatan jadi tim Asia kedua yang lolos ke Piala Dunia 2022. (Foto: AFP/KARIM SAHIB)

Jakarta, Batamnews - Timnas Korea Selatan berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar setelah menang 2-0 atas Suriah pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Rashid, Selasa (1/2/2022).

Korsel jadi negara ke-14 yang melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022, di luar Qatar sebagai tuan rumah. Kemenangan atas Suriah itu membuat Taegeuk Warriors sebagai wakil kedua dari Asia yang ke Piala Dunia tahun ini setelah Iran.

Menariknya, Korea Selatan dan Iran berasal dari grup yang sama, Grup A, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Iran lebih dahulu lolos ke Qatar usai menang 1-0 atas Irak pada 27 Januari.

Poin penuh yang didapat tim asuhan Paulo Bento tersebut atas Suriah pada matchday kedelapan itu diraih berkat gol Kim Jin Su (51') usai memanfaatkan assist Kim Tae Hwan dan gol Kwon Chang Hoon (71') setelah menerima umpan Lee Jae Sung.

Baca juga: Iran Tim Asia Pertama Lolos ke Piala Dunia 2022

Dalam laga tersebut Korea Selatan mendominasi permainan atas Suriah. Akan tetapi, pertahanan Suriah yang solid membuat Paik Seung Ho dan kawan-kawan berjuang keras mencetak gol.

Pada pertandingan lain Jepang menjegal langkah Arab Saudi lolos ke Piala Dunia 2022 pada matchday kedelapan. Bermain di Stadion Saitama, Jepang menang 2-0 atas Arab Saudi lewat gol Takumi Minamino (32') dan Junya Ito (50').

Tiga poin yang diraih atas Arab Saudi membuat Jepang mengoleksi 18 poin. Samurai Biru kini hanya berselisih satu angka dari Arab Saudi yang memuncaki klasemen Grup B.

Kejutan juga terjadi di Grup B setelah Vietnam meraih kemenangan pertama di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 usai menang 3-1 atas China di Stadion My Dinh.

Dengan tambahan dari Korea Selatan, kini 15 tim memastikan lolos ke Piala Dunia 2022, termasuk tuan rumah Qatar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews