Shin Tae-yong Dorong Proses Naturalisasi Pemain Dipercepat

Shin Tae-yong Dorong Proses Naturalisasi Pemain Dipercepat

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Gianyar, Batamnews - Pemain yang diajukan oleh Shin Tae-yong agar dinaturalisasi menjadi warga Indonesia belum juga terwujud. Pelatih asal Korea Selatan itu berharap prosesnya bisa dipercepat.

Ada sejumlah pemain keturunan yang mengaku berminat memperkuat Timnas Indonesia. Di antaranya adalah Sandy Walsh, Kevin Diks, Jordi Amat, dan Mees Hilgers.

Andai berhasil dinaturalisasi, nama-nama tersebut tentu tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 tahun 2023. Usia mereka sudah melewati batas ketentuan.

Baca juga: Putra Shin Tae Yong Ajak Warga Korea Dukung Timnas Indonesia

Jika merujuk usia yang sudah berada di atas 20 tahun, proyek naturalisasi Shin Tae-yong ini tentu sekadar untuk memenangkan SEA Games dan Piala AFF 2022.

Nama-nama pemain keturunan sudah diajukan Shin Tae-yong. Sampai saat ini prosesnya masih sangat lambat dan dia ingin semua dipercepat.

"Saya berharap semua pemain naturalisasi dipercepat (prosesnya). Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah Indonesia dan PSSI jika proses ini dipercepat," kata Shin Tae-yong usai laga Indonesia vs Timor Leste, Minggu (30/1/2022).

Baca juga: Putra Siregar Beberkan Alasan AHHA PS Pati Rekrut Pemain yang Bikin Geram Shin Tae Yong

Shin Tae-yong beberapa bulan lalu menolak bahwa ini disebut naturalisasi. Menurut pelatih berusia 51 tahun itu, programnya itu adalah mengganti warga negara karena sudah punya darah Indonesia.

"Ini sebenarnya tidak bisa disebut naturalisasi. Mereka sudah punya darah Indonesia. Jadi, saya sudah mengajukan mereka ke Pak Ketum (Mochamad Iriawan)," kata Shin Tae-yong kala itu.

"Pak Ketum berusaha akan membantu juga pastinya. Kalau ada 4 pemain itu ada di timnas, pasti (Timnas Indonesia) akan bisa jadi kuat di ASEAN dan sebenarnya ada lagi selain 4 pemain itu, tapi fokus dulu empat pemain tersebut," ujarnya menambahkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews