Pemuda Pancasila Kepri Buka Pendaftaran MPW, Berikut Kriterianya

Pemuda Pancasila Kepri Buka Pendaftaran MPW, Berikut Kriterianya

Konferensi pers yang dilakukan Pemuda Pancasila Kepri dalam pelaksanaan dibukanya pendaftaran MPW periode 2022-2027.

Batam, Batamnews - Pemuda Pancasila Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), membuka pendaftaran untuk Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) setempat bertepatan pada musyawarah wilayah (Muswil) IV tahun 2022.

Pendaftaran bakal calon MPW Pemuda Pancasila periode 2022-2027 itu akan dibuka mulai tanggal 1 sampai 28 Februari mendatang.

"Sesuai Surat Edaran yang kita terima dari MPW, kita akan mengadakan pendaftaran bakal calon periode 2022-2027," kata Ketua Panitia Pengarah atau Steering Committee (SC), Pohan Sito, saat konferensi pers, Senin (31/1/2022).

Ia memastikan bahwa dalam proses pendaftaran hingga pada pemilihan berlangsung bersifat demokratis dan terbuka. Itu sesuai dengan arahan dari Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila.

Baca juga: Pemuda Pancasila Bersihkan Limbah di Pantai Club Med Lagoi

"Jadi selama ini yang terkesan bakal calon di Pemuda Pancasila itu tertutup saat pleno, maka dengan sistem yang dibangun saat ini, sebelum pelaksanaan kita sudah menerima pendaftaran bakal calon supaya benar-benar terbuka baik kepada masyarakat luas maupun kepada internal PP tapi dengan kriteria dan syarat yang sudah ditentukan PO dan Juklak," kata Pohan.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pengarah atau Steering Committee (SC), Ir Manjit Singh menambahkan, ketentuan tentang pendaftaran diatur di Juklak Bab 6 Pasal 10 yang bersifat terbuka.

"Itu nanti SC juga akan membuat formulir pendaftaran. Para bakal calon bisa mengambil formulir di Sekretariat Pemuda Pancasila Kepri," katanya.

Saat ditanya mengenai minat yang bakal mencalonkan diri jadi Ketua MPW Pemuda Pancasila Kepri, ia mengakui sudah dapat gambaran awal. Namun bisa saja jumlah tersebut akan bertambah seiring berjalannya waktu menjelang pendaftaran ditutup.

Baca juga: Enam ABG Diduga Nyabu di Belakang Kantor Pemuda Pancasila Batuaji

"Sejauh ini sudah ada minat atau ketertarikan 5 sampai 6 orang. Mungkin akan bertambah nanti. Yang pasti pendaftaran tidak ada limit, tapi ada ketentuan bahwa bakal calon harus dapat dukungan 30 persen dari utusan," ujar Manjit.

Utusan yang dimaksud merupakan dari MPN pusat, MPW, Majelis Pertimbangan Organisasi dan 7 MPC se-Kepri.

"Jumlah suara utusan ada 10. Kalau kita kalkulasikan di situ sebenarnya maksimal yang bisa menjadi calon hanya 3 orang. Tapi namanya pendaftaran itu sah-sah saja, tergantung dukungan dari utusan," tambah dia.

Dia pun memastikan bahwa pendaftaran tersebut terbuka untuk seluruh kader di Pemuda Pancasila. Kriterianya sudah ada pada PO Bab 17 Pasal 35.

 

Berikut Persyaratan dan Kriteria Pendaftar

1. Persyaratan administrasi

a. Warga Negara Indonesia, dengan bukti Kartu Tanda Penduduk;
b. Memiliki Kartu Tanda Anggota Pemuda Pancasila;
c. Diutamakan memiliki Sertifikat Kaderisasi yang diterbitkan oleh Majelis Pimpinan Nasional Ormas Pemuda Pancasila;
d. Membuat surat pernyataan kesediaan di atas kertas bermeterai cukup disertai biodata;
e. Memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan sesuai Hasil Komisi Organisasi;
f. Menyatakan pengunduran diri dari rangkap jabatan pada jenjang tingkatan internal organisasi Pemuda Pancasila lainnya bilamana terpilih.

Baca juga: Kapolsek: Ricuh Pleno Pemuda Pancasila Diduga Salah Paham

2. Kriteria

a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. Setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945;
c. Memiliki integritas moral dan visioner;
d. Tidak tercela atau tidak sedang terkena vonis hukuman minimal 5 (lima) tahun dari Pengadilan, yang mempunyai kekuatan hukum tetap;
e. Memiliki pemahaman tentang Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila;
f. Tidak terkena sanksi organisasi berupa skorsing atau pemecatan, terkecuali telah mendapat rehabilitasi;
g. Memiliki sikap yang tegas, konsisten, serta mampu secara moril dan materil mengemban amanat keputusan-keputusan organisasi.

Di sisi lain, Sekretaris Wilayah MPW Pemuda Pancasila Kepri, Lutfi berharap tahapan pendaftaran hingga pada pemilihan bisa berjalan sukses sesuai dengan apa yang diamanahkan oleh organisasi.

"Ormas ini sudah besar, kami mau pemimpin selanjutnya lebih bisa membesarkan lagi nama Pemuda Pancasila dan bisa diterima di masyarakat," pungkasnya.

Sebagai informasi, pemilihan MPW Pemuda Pancasila Kepri bakal berlangsung pada tanggal 8 Maret 2022 mendatang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews