Imlek 2573: Harapan Warga Tionghoa Natuna di Tahun Macan Air

Imlek 2573: Harapan Warga Tionghoa Natuna di Tahun Macan Air

Lampion-lampion menghiasi Kampung Penagi di Ranai, Kabupaten Natuna menjelang imlek. (Foto: Yanto/Batamnews)

 Natuna, Batamnews - Seperti biasanya, Kampung Tua Penagi selalu bergairah jelang tahun baru imlek. Hal serupa masih tampak tahun ini. Ratusan lampion mengihasi sepanjang jalan pelantar. 

Penagi memiliki sejarah yang kental sebagai sejarah awal Ranai, ibukota Kabupaten Natuna. Tempo dulu daerah ini dikenal sebagai pusat perdagangan. Banyak warga dari etnis tionghoa bermukim di sini.

Sejumlah warga Tionghoa tengah mempersiapkan pernak pernik dan sejumlah baliho ucapan selamat Imlek, yang di lekatkan di sekitar Klenteng Pu Tek Chi di kawasan ini, Senin ( 31/1/2022) siang.

Anggota DPRD Kabupaten Natuna yang juga merupakan warga keturunan Tionghoa, Eryandy, saat dijumpai di sekitar klenteng mengatakan, meski persiapan Imlek tahun ini tidak semeriah tahun tahun sebelumnya, ia optimis perayaan bisa berjalan lancar. 

"Selamat Tahun Baru Imlek 2573, Gong Xi Fa Chai, Xin Nien Quai Le, Wang Se Ru Yi. Semoga di Tahun Macan Air ini, kita senantiasa diberikan kesehatan yang baik, keberuntungan yang dapat menuntun ke jalan kebenaran," ujar Eryandy. 

Ia berharap Covid-19 segera berlalu sehingga ekonomi bisa bangkit kembali. 

Sementara untuk rangkaian acara imlek dijelaskannya bahwa panitia sudah menyiapkan orgen tunggal untuk menambah kemeriahan.

"Namun untuk pertunjukan barongsai kemungkinan ditiadakan. Tapi hal itu tidak mengurangi kemeriahan saat imlek nanti," ucapnya


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews