Pemkab Natuna Bangun 400 Meter Dermaga Seminte Tahun Ini

Pemkab Natuna Bangun 400 Meter Dermaga Seminte Tahun Ini

Bupati Natuna, Wan Siswandi (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), akan membangun dermaga sepanjang 400 meter di daerah Seminte, Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, pada tahun 2022 ini.

Wacana tersebut disampaikan langsung Bupati Natuna, Wan Siswandi saat meresmikan perumahan nelayan di Seminte, Minggu (30/1/2022).

Pembangunan dermaga Seminte diharapkan bisa memudahkan akses masyarakat Seminte dan Kecamatan Bunguran Batubi menuju Sedanau.

Baca juga: Akses Jalan Desa Selemam di Natuna Makin Baik

“Saya melihat ada kebutuhan penting, tapi bukan hanya kebutuhan warga Seminte. Yakni dermaga, ini juga kebutuhan warga Kecamatan Bunguran Batubi dan Bunguran Barat," ucap Siswandi.

Ia mengatakan, jika pembangunan dermaga ini tidak bisa dibangun sekaligus, maka akan diselesaikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran.

“Kemarin sudah kita hitung, kalau surut 300-400 meter baru ketemu alur. Seperti di Semedang. Itu dibangun bertahap, tidak sekaligus," ujarnya.

Wan Siswandi meminta pihak kecamatan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) agar masuk dalam rencana kerja (Renja) Dishub Natuna, serta dimasukkan dalam Musrenbang tahun 2022.

Baca juga: Jadi Islamic Center, Bupati Undang Ustaz Das'ad Latief ke Masjid Agung Natuna

Seperti diketahui, meski masuk dalam wilayah Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, namun antara Sedanau dan Seminte sendiri dipisahkan oleh lautan dan lebih dekat kepada Kecamatan Bunguran Batubi.

Tidak jauh berbeda dengan Kecamatan Bunguran Batubi, meski satu daratan dengan ibu kota Kabupaten Natuna yakni Kota Ranai, jarak yang harus ditempuh masyarakat Kecamatan Batubi untuk sampai ke kota Ranai adalah sekitar 31 Kilometer (Km).

Untuk itu hingga kini banyak masyarakat Kecamatan Batubi yang lebih memilih untuk menyebrang ke Kelurahan Sedanau guna membeli barang keperluan sehari-hari dimana waktu yang dibutuhkan dari Batubi ke Sedanau menggunakan moda transportasi laut cukup singkat yaitu tak lebih dari 20 menit.

Oleh karena itu, masyarakat Batubi dan Seminte mengharapkan pembangunan dermaga harus dimulai walaupun bertahap. Sebab itu merupakan jalan alternatif yang diinginkan masyarakat karena aksesnya lebih dekat ke Sedanau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews