Singapura Belum Beri Izin, Open Trip Singapura-Nongsa Ditunda

Singapura Belum Beri Izin, Open Trip Singapura-Nongsa Ditunda

Pelabuhan Nongsa. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Open trip Singapura-Nongsa pada program travel bubble di Pelabuhan Nongsa Pura ditunda. Pemerintah Singapura belum memberikan izin pengangkutan untuk ke Batam. 

Akibatnya para wisatawan mancanegara (wisman) belum dapat berlibur ke Batam ataupun Bintan. 

Baca juga: Pengamat Wisata Kepri Sarankan Travel Bubble Ditunda

"Masih kami tunggu izin dari Pemerintah Singapura untuk mengharapkan  kelonggaran dari pihak Singapura buat wisman Singapura pulang ke Singapura tanpa karantina di rumah selama 7 hari," ujar Ketua Nongsa Sensation, Anddy Fong, Jumat (28/1/2022).

Ia menjelaskan, Pemerintah Singapura memberlakukan karantina bagi warganya yang cukup memberatkan. Mereka meminta Pemerintah Singapura dapat memberikan kelonggaran stay home notice (SHN) di Singapura. 

“Ketika wisman Singapura berlibur di Kawasan Nongsa Sensation hanya sebatas penginapan di resort dan golf," katanya.

Sejauh ini pelaku pariwisata masih menunggu kabar dari Pemerintah Singapura. Dan berharap pemerintah Singapura memberikan izin kelonggaran karantina.

Baca juga: Terapkan Travel Bubble, Catat Syarat Perjalanan Batam-Singapura

"Mereka kan sudah di karantina sebenarnya disini, wisman harpkan jangan ada lagi karantina di negaranya," kata Anddy Fong.

Sebelumnya diberitakan para pelaku pariwisata di Kawasan Nongsa yang tergabung dalam Nongsa Sensation untuk membuka trip kapal bagi para wisman. dari Singapura. 

Anddy mengatakan trip kapal itu direncanakan akan dibuka pada tanggal 28 Januari 2022 sebagai tahap uji coba. 

Pada tahap itu, hanya satu trip perjalanan kapal, dengan jadwal keberangkatan dari Batam sekitar pukul 12.00 WIB, dan tiba kembali di Pelabuhan Nongsa Pura Batam sekitar pukul 14.40 WIB.

"Setelah kami berunding dan tidak ada halangan tanggal 28 Januari 2022 kita akan mulai 1 trip perhari. Semoga tak ada perubahan. Sudah disetujui stakeholder," ujar Andi, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Travel Bubble Dibuka, 2.000 Pelaku Pariwisata di Batam Tuntas Divaksin Booster

Ia menjelaskan, saat tiba di Pelabuhan Nongsa Pura Batam, Wisman asal Singapura akan memilih 4 resort yang ada di kawasan Nongsa, sesuai dengan aturan travel bubble. 

Adapun 4 resort yang dimaksud yaitu, Montigo resort, Batamview Resort, Nongsa Point Marina Resort dan Turi Beach Resort. Selain tempat penginapan, wisman juga diperbolehkan untuk bermain golf di Tering Bay Golf dan Palm Spring Golf.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews