Travel Bubble Batam Bintan - Singapura Buka 24 Januari 2022

Travel Bubble Batam Bintan - Singapura Buka 24 Januari 2022

Menparekraf Sandiaga Uno tiba di Batam dan disambut Wakil Wali Kota Amsakar Achmad. .

Batam - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan travel bubble Batam, Bintan - Singapura atau BB - S segera buka. 

Presiden Joko Widodo sudah menyetujui pembukaan lalu lintas orang secara terbatas antara Indonesia dengan Singapura.

"Pembukaan akan dilakukan pada 24 Januari 2022 bersamaan dengan pengumuman resmi dari pemerintah," kata Sandiaga Uno, dilansir Tempo.co, Jumat (21/2/2022).

Menurut Sandiaga Uno, pengumuman resmi oleh pemerintah akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). 

Sandiaga Uno mengatakan, regulasi teknis pelaksanaan arus kedatangan dan kepulangan wisatawan akan terus dimatangkan dengan kementerian teknis dan pihak-pihak terkait. Termasuk bernegosiasi dengan otoritas Singapura. Dua wilayah yang akan menjadi prototipe travel bubble terbatas dan terkontrol adalah Nonga dan Bintan. 

Salah satu persiapan teknis menjelang berjalannya travel bubble ini antara lain menyediakan laboratorium tes cepat molekuler atau TCM yang terkoneksi ke aplikasi PeduliLindungi. 

"Saya yakin Nongsa dan Bintan telah sudah menyiapkan itu semua. Termasuk penerapan bluepass untuk keperluan tracing," kata Sandiaga.