5 Teknologi Berbahaya yang Seharusnya Tak Pernah Diciptakan

5 Teknologi Berbahaya yang Seharusnya Tak Pernah Diciptakan

Ilustrasi (AP/Emilio Morenatti)

Jakarta, Batamnews - Dalam beberapa waktu terakhir, teknologi terus mengalami perkembangan. Bahkan membuat hidup manusia semakin mudah saat beraktivitas.

Namun tak semua teknologi berujung positif dan bisa digunakan dengan aman. Ada juga teknologi yang berbahaya dan seharusnya tidak pernah untuk diciptakan.

Baca juga: Teknologi Ban Tanpa Udara Diprediksi Jadi Tren di 2025

Berikut lima teknologi tersebut, dirangkum dari Brainberries, Jumat (28/1/2022):

1. Nanobot

Teknologi ini sebenarnya instrumen hebat untuk penyembuhan, menumbuhkan bagian tubuh dan organ. Namun di sisi lain, nanobot mampu memusnahkan seluruh kota sebab secara harfiah tidak ada obat yang bisa menghentikannya.

Nanobot bisa mereplikasi diri dan hampir tidak bisa dihancurkan, baik diledakkan, ditembak atau ditangkap. Jika lepas kendali maka seluruh dunia akan hancur.

2. Warp Drive

Konsepnya adalah melakukan perjalanan intergalaksi di masa depan. Seluruh perjalanan akan lebih cepat dari kecepatan cahaya.

Namun Warp Drive punya masalah kecil yakni partikel energi tinggi khusus yang terperangkap saat menggunakannya. Ini akan dilepaskan bersama sebagian besar energi yang bisa menghapus seluruh sistem bintang dan menciptakan lubang hitam.

3. Drone Perang Otonom

Teknologi ini mungkin baik karena tidak membuat orang terjebak selama pertempuran. Namun nyatanya tidak ada mesin yang bisa melakukan hal yang sama.

Baca juga: Canggihnya Teknologi NASA, Bikin Oksigen hingga Kendalikan Drone di Mars

Mesin itu hanya akan mengeksekusi perintah. Selain itu juga saat mesin yang ada di medan pertempuran, berapa banyak yang akan digunakan dan konsekuensi bencana yang timbul oleh pertempuran terhadap lingkungan.

4. Penjara Virtual

Para ilmuwan dan penulis cerita fiksi ilmiah kerap membicarakan soal virtual reality. Konsepnya adalah melakukan aktivitas tanpa harus meninggalkan kota bahkan rumah masing-masing.

Namun jarang dipikiran VR bisa untuk memenjarakan orang dari penjahat atau yang tidak bersalah. Meski teknologi bisa digunakan demi kebaikan, namun dapat menjadi salah satu senjata terkuat dan membuat orang menjadi gila.

5. Mesin Artificial Intelligence

Dalam rangka untuk memahami sifat kesadaran dan jiwa, kita berusaha mereplikasi pikiran manusia dalam mesin. Idenya menarik namun juga mengerikan, karena mesin tidak akan punya hal yang membuat manusia rentan, memadai, emosional dan manusiawi.

Ide membuatnya tidak hanya menciptakan mesin berdarah dingin namun juga membuat semanusiawi mungkin. Ada banyak film dan acara TV yang mengeksplorasi saat teknologi melenceng dari jalannya


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews