India Bersiap Bikin Sistem Operasi Pesaing Android dan iOS

India Bersiap Bikin Sistem Operasi Pesaing Android dan iOS

Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi India, Rajeev Chandrasekhar. (Foto: Wikipedia)

New Delhi - Sistem operasi telepon seluler di dunia masih dikuasai Android dan iOS. India mulai bersiap membuat sistem operasi baru untuk menyaingi keduanya.

Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi India, Rajeev Chandrasekhar mengatakan pihaknya sedang mencari kapabilitas di ekosistem startup maupun akademisi, untuk pengembangan sistem operasi yang dibuat langsung dari India.

"Jika memiliki kapabilitas, maka kami akan sangat tertarik untuk mengembangkan area itu karena akan menciptakan alternatif untuk iOS dan Android yang kemudian brand India dapat tumbuh," kata Chandrasekhar, dikutip dari India Times, Kamis (27/1/2022).

Ia mengklaim, kalau sebagian besar kebijakan maupun pendukungnya sedang ditinjau kembali untuk menciptakan tujuan dan ambisi tersebut.

"Yang penting punya tujuan yang jelas. Begitu kami punya tujuan jelas dan apa yang harus dicapai, maka semua kebijakan dan tindakan bakal konsisten dengan itu," ucapnya.

Sebagai informasi, banyak perusahaan teknologi yang berusaha menyaingi iOS dan Android.

Contohnya seperti Samsung, BlackBerry, Palm, hingga Microsoft, namun semuanya gagal.

Satu-satunya perusahaan yang masih menggulirkan sistem operasi buatan sendiri, di luar Apple dan Google, adalah Huawei dengan HarmonyOS-nya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews