Erdogan Ganti Nama Negara Turki, Jadi Apa?

Erdogan Ganti Nama Negara Turki, Jadi Apa?

ilustrasi.

Istanbul, Batamnews - Negara Turki begitu populer lewat series Layangan Putus. Kini, mereka punya nama baru.

Turki akan segera mengganti nama resmi negara. Presiden Reccep Tayyip Erdogan mengatakan nama negeri itu akan berubah menjadi "Turkiye".

Baca juga: Kemenkes Ungkap Gejala Covid yang Dialami Rombongan Ashanty dari Turki

"Kata Turkiye mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, dan nilai-nilai bangsa Turki dengan cara terbaik," kata Erdogan pekan lalu dikutip Middle East Monitor, Selasa (25/1/2022).

"Dalam rangka memperkuat nama Turkiye, dalam segala jenis kegiatan dan surat menyurat, terutama dalam hubungan resmi dengan negara lain dan lembaga dan organisasi internasional, istilah Turkiye akan digunakan sebagai pengganti istilah seperti 'Turki', 'Turkei', 'Turquie' dan seterusnya," tambahnya.

Turki, tambahnya, harus menjadi merek negara tersebut di kancah internasional. Namun, belum tahu kapan tepatnya perubahan nama diresmikan.

Seorang pejabat senior pemerintah juga membenarkan ini. Namun, tegasnya, proses masih berlangsung.

"Waktu yang tepat untuk perubahan nama masih dalam pertimbangan pemerintah," katanya dimuat Greek Reporter.

Wacana penggantian ini sendiri sebenarnya telah menguat sejak lama. Erdogan berpandangan bahwa nama 'Turkey' yang dikenal dalam Bahasa Inggris sama dengan arti kalkun.

Erdogan sendiri kini menghadapi tekanan akibat krisis ekonomi di negara itu. Inflasi Turki mencapai level tertinggi selama dua dekade, melonjak hingga 36% awal bulan.

Para ahli bahkan meramalkan inflasi bisa menembus 50%. Harga makanan dan minuman naik vampir 44% setiap tahun.

Baca juga: Timnas Indonesia Uji Coba Lawan Afghanistan dan Myanmar di Turki

Lira Turki juga makin terpuruk terhadap dolar AS, bahkan longsor 44% di tahun lalu. situasi ekonomi itu disebut akibat kebijakan pemotongan suku bunga tak lazim yang didesak Erdogan.

Sebelumnya, wacana perubahan nama itu telah lebih dulu muncul pekan lalu lewat video promosi bertajuk 'Turkiye' dengan tone wisata. Hanya butuh waktu sepekan, hingga wacana itu terealisasi.

Turki sendiri tengah naik daun di dalam negeri berkat series Layangan Putus yang diperankan oleh Reza Rahardian, Putri Marino dan Anya Geraldine. Dimana Cappadocia menjadi highlight dan didatangi banyak selebriti dari tanah air.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews