Daftar Tim Lolos 16 Besar Piala Afrika 2021, Juara Bertahan Tersingkir

Daftar Tim Lolos 16 Besar Piala Afrika 2021, Juara Bertahan Tersingkir

Piala Afrika 2021.

Jakarta, Batamnews - Seluruh kontestan 16 besar Piala Afrika 2021 sudah diketahui seiring laga terakhir fase grup yang berlangsung Kamis (20/1/2022) malam. Hasil empat pertandingan Grup E dan F memastikan enam negara meraih tiket tersisa ke fase knock out.

Skor imbang dalam laga Pantai Gading melawan Aljazair memastikan skuad Les Elephants tampil sebagai juara Grup E sekaligus menggaransi tiket ke babak 16 besar.

Sebaliknya, Aljazair yang merupakan juara bertahan harus rela kehilangan gelar karena dipastikan tidak lolos fase grup. Riyad Mahrez dan kawan-kawan bahkan hanya menduduki posisi juru kunci di Grup E.

Baca juga: Duh, 5 Pemain Arema Positif Covid-19

Sementara pendamping Pantai Gading ke babak 16 besar dari Grup E adalah Guinea Khatulistiwa yang menang 1-0 atas Sierra Leone pada partai terakhir.

Dari Grup F, Mali tampil sebagai juara grup. Kemenangan 2-0 atas Mauritania membawa Mali memuncaki klasemen lantaran keunggulan selisih gol atas Gambia yang menjadi runner up.

Gambia yang menang 1-0 melawan Tunisia kalah produktivitas gol dibanding Mali. Sementara kendati takluk dari Gambia, Tunisia tetap lolos ke fase gugur karena masuk dalam kategori peringkat tiga terbaik.

Satu negara lain yang juga dipastikan lolos melalui penghitungan peringkat tiga terbaik adalah Comoros dari Grup C.

Baca juga: Jadwal Terbaru Laga Uji Coba Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Sebelum enam negara tersebut meraih tiket, Kamerun, Burkina Faso, Tanjung Verde, Senegal, Guinea, Malawi, Maroko, Gabon, Nigeria, dan Mesir sudah lebih dulu mengamankan jatah di babak 16 besar.

Pertandingan babak 16 besar Piala Afrika akan dimulai pada Minggu (23/1/2022) malam waktu Indonesia. Duel Burkina Faso vs Gabon membuka fase knock out yang dilanjutkan pertandingan Nigeria vs Tunisia.

Daftar Lengkap Negara Lolos 16 Besar Piala Afrika

Grup A: Kamerun, Burkina Faso, Cape Verde
Grup B: Senegal, Guinea, Malawi
Grup C: Maroko, Gabon, Comoros
Grup D: Nigeria, Mesir
Grup E: Pantai Gading, Guinea Khatulistiwa
Grup F: Mali, Gambia, Tunisia


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews