Shin Tae-yong Coret 11 Pemain Skuad Piala AFF 2020 dari Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Coret 11 Pemain Skuad Piala AFF 2020 dari Timnas Indonesia

Ezra Walian (kiri) berebut bola lawan Irfan Fandi (kanan) di laga Timnas Indonesia vs Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. (Foto: AP Photo)

Jakarta, Batamnews - Shin Tae-yong baru saja mengumumkan daftar 27 pemain Timnas Indonesia yang akan menjalani pemusatan latihan di Bali. Menariknya, ada 11 pemain dari skuad Piala AFF 2020 yang tidak lagi dipanggil.

Timnas Indonesia akan menjalani sesi pemusatan latihan di Bali pada 19-28 Januari 2022. Nantinya, Indonesia juga akan menjalani dua laga uji coba melawan Timor Leste yang digelar di Stadion I Wayan Dipta.

Shin Tae-yong membawa beberapa muka baru ke Timnas Indonesia. Marselino Ferdinan yang tampil bagus bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 dipanggil. Lalu, ada penyerang muda Madura United, Ronaldo Kwateh.

Nama-nama baru itu tentu saja memakan korban. Sebanyak 11 pemain yang masuk skuad Piala AFF 2020 tidak lagi dipanggil ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong. Siapa saja mereka?

Baca juga: Shin Tae-yong Panggil Marselino Ferdinan ke Timnas Indonesia

1. Muhammad Riyandi

Riyandi telah menjadi andalan bagi Timnas Indonesia sejak 2020 lalu. Dia masuk dalam skuad Piala AFF 2020, tetapi sama sekali tidak dimainkan. Kiper 22 tahun kalah bersaing.

Pada kesempatan kali ini, Riyandi digantikan oleh Muhammad Adi Satryo. Kiper Persik tersebut pernah dimainkan Shin Tae-yong pada laga uji coba melawan Oman.

2. Victor Igbonefo

Igbonefo sempat beberapa kali jadi pilihan utama Shin Tae-yong pada laga persiapan menuju Piala AFF 2020. Namun, di Piala AFF 2020, pemain 36 tahun gagal tampil maksimal.

Igbonefo tercoret dari daftar pemain Timnas Indonesia. Pemain Persib itu kalah bersaing dengan Alfeandra Dewangga yang tampil sangat apik pada Piala AFF 2020 lalu.

3. Ryuji Utomo

Sama seperti Igbonefo, Ryuji Utomo juga tersisih dari posisi bek tengah. Ryuji hanya mengecap satu penampilan di Piala AFF 2020 lalu. Ryuji mengalami cedera pada bagian kepala.

Ryuji sendiri telah kembali ke Persija Jakarta. Namun, dia belum dimainkan pada laga BRI Liga 1. Persija sempat menyebut memberi waktu bagi Ryuji untuk recovery.

 

4. Marckho Sandy

Marckho Sandy masuk dalam bagian skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Akan tetapi, Marckho Sandy sama sekali tidak pernah bermain. Dia kalah bersaing dengan Asnawi Mangkualam dan Rizki Dwi.

Pada pemangilan pemain terbaru, Shin Tae-yong tidak lagi melirik Marckho Sandy. Sebagai gantinya, untuk posisi bek kanan, ada nama Bayu Mohamad Fiqri.

5. Asnawi Mangkualam

Asnawi menjadi kapten kedua Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dia juga menjadi andalan di posisi bek kanan. Asnawi mencetak satu gol dan tampil sangat bagus di Piala AFF.

Asnawi tidak dipanggil Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan di Bali. Kemungkinan besar Shin Tae-yong ingin memberi waktu bagi Asnawi untuk fokus dengan klubnya, Ansan Greeners.

Baca juga: Alasan Shin Tae-yong Tak Pakai Pemain Luar Negeri di Piala AFF U-23

6. Witan Sulaeman

Seperti Asnawi, Witan Sulaeman juga menjadi andalan di Piala AFF 2020 lalu. Witan bermain sangat bagus di lini depan. Witan menyumbang lima assist dan mencetak dua gol.

Witan tidak dipanggil untuk pemusatan latihan di Bali. Mungkin ini terkait dengan kesibukan Witan yang dilaporkan tengah mencari klub baru. Witan diyakini akan meninggalkan Lechia Gdansk.

7. Kadek Agung

Kadek Agung kalah bersaing dengan Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya di lini tengah. Menit bermainnya di Piala AFF 2020 lalu sangat minim. Kadek Agung hanya dimainkan dua kali sebagai pengganti.

Kadek Agung tidak lagi dipanggil Shin Tae-yong. Untuk posisi gelandang, nama Kadek Agung digusur pemain muda asal Persebaya lainnya yakni Marselino Ferdinan.

8. Ahmad Agung

Rekan satu tim Kadek Agung di Bali United, Ahmad Agung juga tergusur dari skuad Timnas Indonesia. Pemain 25 tahun itu tidak pernah dimainkan Shin Tae-yong walau masuk skuad Piala AFF 2020 lalu.

Ahmad Agung harus merelakan tempatnya di skuad Timnas Indonesia digeser Sani Rizki. Dia bermain reguler bersama Bhayangkara FC yang kini bersaing di papan atas klasemen BRI Liga 1.

 

9. Ezra Walian

Ezra Walian menjadi andalan di Piala AFF 2020 lalu. Pemain 24 tahun itu memainkan enam laga dan mencetak dua gol untuk Timnas Indonesia. Tapi, dia beberapa kali tampil di bawah performa terbaik.

Ezra Walian tidak lagi dipanggil Shin Tae-yong. Bomber Persib Bandung itu akan digantikan pemain muda dari Madura United, Ronaldo Joybera.

10. Egy Maulana Vikri

Sama seperti Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam, Shin Tae-yong juga tidak memanggil Egy Maulana. Mereka adalah nama-nama yang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Egy Maulana saat ini berstatus tanpa klub. Kontraknya di FK Senica telah berakhir pada 31 Desember lalu. Tapi, Egy Maulana diyakini akan bertahan di klub asal Slovakia itu.

Baca juga: Tiga Lawan Terberat Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

11. Kushedya Hari Yudo

Nama terakhir yang dicoret dari daftar pemain Timnas Indonesia adalah Kushedya Hari Yudo. Penyerang Arema FC itu selalu jadi pilihan Shin Tae-yong sejak persiapan jelang Piala AFF 2020 lalu.

Tapi, Yudo gagal tampil bagus di Piala AFF 2020. Yudo tidak mencatatkan satu pun gol. Posisi Yudo di Timnas Indonesia digantikan rekannya dari Arema FC, Muhammad Rafli.

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Kiper
Muhammad Adi Satryo
Syahrul Trisna
Ernando Ari
Nadeo Argawinata

Belakang
Fachruddin Aryanto
Alfeandra Dewangga
Elkan Baggott
Rizky Ridho
Achmad Figo
Pratama Arhan
Moh Edo Febriansyah
Rizky Dwi Febrianto
Bayu Mohamad Fiqri

Gelandang
Sani Rizki
Rachmat Irianto
Evan Dimas
Ricky Kambuaya
Syahrian Abimanyu
Marselino Ferdinan
Ramai Rumakiek
Irfan Jaya
Yabes Roni
Terens Puhiri

Penyerang
Dedik Setiawan
Hanis Saghara
Muhammad Rafli
Ronaldo Joybera Kwateh


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews