Alasan Shin Tae-yong Tak Pakai Pemain Luar Negeri di Piala AFF U-23

Alasan Shin Tae-yong Tak Pakai Pemain Luar Negeri di Piala AFF U-23

Shin Tae-yong.

Jakarta, Batamnews - Usai menjadi runner-up Piala AFF 2020, skuad asuhan Shin Tae-yong akan kembali bermain di luar negeri. Kali ini giliran Timnas U-23 yang akan berkompetisi di Piala AFF U-23 yang dihelat di Kamboja, 14-26 Februari mendatang.*

*Beberapa pemain yang tampil di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott memiliki usia yang masih masuk ke dalam kategori turnamen Piala AFF U-23 itu, yaitu di bawah 22 tahun.

Meski demikian, Shin Tae-yong tidak ingin memaksakan kehendak kembali menggunakan tenaga pemain-pemain itu untuk ajang kelompok usia tersebut.

Dalam konferensi pers pembubaran Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2020 di Singapura lalu, pelatih asal Korea Selatan itu menjabarkan sejumlah alasan tidak menggunakan pemain dari luar negeri untuk Piala AFF U-23.

Baca juga: PSSI Bidik Kroasia dan Yunani Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia

Alasan pertama di mata pelatih 51 tahun itu adalah, sebagai bentuk terima kasih kepada klub-klub karena bersedia melepas pemainnya ke Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2020. Meskipun, Piala AFF bukan masuk kalender FIFA.

Dalam peraturan resmi FIFA, setiap klub hanya wajib melepas pemainnya ke tim nasional yang tampil dalam kalender resmi FIFA.

Setelah meminta para 'pemain luar negeri' itu fokus pada klubnya masing-masing, Shin Tae-yong juga mengatakan akan menggunakan pemain dari Liga Indonesia untuk tampil di Piala AFF U-23 2022 nanti, sebagai alasan kedua.

Faktor terakhir yang membuat mantan pelatih Seongnam FC itu tidak memanggil Witan Sulaeman dan kawan-kawan adalah, merekrut lima hingga enam pemain dari Timnas Indonesia U-19.

Para pemain Timnas Indonesia U-19 itu diharapkan bisa jadi kekuatan baru Skuad Garuda Muda di Piala AFF U-23 nanti.

(ruz)