Head to Head Indonesia vs Bangladesh: Skuad Garuda Unggul

Head to Head Indonesia vs Bangladesh: Skuad Garuda Unggul

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (Foto: AFP)

Jakarta, Batamnews -Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada 24 dan 27 Januari 2022 mendatang.

Pertemuan kedua tim bukan lah kali pertama. Setidaknya sudah enam kali skuad Merah Putih bersua Bangladesh. Dari enam pertemuan itu, skuad Garuda mencatat empat kemenangan. Sisanya satu kali imbang dan satu kali menelan kekalahan.

Pertemuan Timnas Indonesia dengan Bangladesh pertama kali terjadi pada 29 Juli 1975. Dalam pertandingan Merdeka Tournament di Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia menang dengan skor telak 4-0.

Baca juga: Profil Timnas Bangladesh Calon Lawan Indonesia: Cuma 3 Kali Kalah di 2021

Setelah itu nyaris sembilan tahun tak ada pertemuan lagi. Kedua tim baru bentrok kembali dalam pertandingan uji coba pada 10 Agustus 1984. Tak seperti laga sebelumnya yang jadi bulan-bulanan, kali ini Bangladesh kalah 1-2.

Dua kemenangan ini berlanjut dalam duel ajang resmi pertama, Kualifikasi Piala Dunia 1986. Pertandingan di Jakarta pada 18 Maret 1985, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-0 lewat gol Dede Sulaiman dan Bambang Nurdiansyah.

Namun dalam pertandingan leg kedua di Daka, Bangladesh, tim Merah Putih menyerah. Warta Kusuma dan kawan-kawan takluk dengan skor 1-2. Ini kekalahan pertama Timnas Indonesia dari negeri yang merdeka pada 26 Maret 1971 itu.

Baca juga: Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia Vs Bangladesh Barengan BRI Liga 1

Meski kalah dari Bangladesh, Timnas Indonesia tetap lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 1986. Timnas Indonesia asuhan Sinyo Aliandoe yang berada di Grup 3B bersama India, Thailand, dan Bangladesh, menjadi juara grup.

Hanya 26 hari setelah pertemuan di Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia dan Bangladesh kembali bentrok. Hasilnya imbang 1-1 dalam turnamen bertajuk Quaid E Azam di Peshawar, Pakistan.

Terakhir kali Timnas Indonesia dan Bangladesh bertemu pada 13 November 2008. Pertandingan dalam ajang Piala Grand Royal Challenge 2008, Timnas Indonesia menang 2-0 di Training Center, Yangon, Myanmar.

Rencananya Timnas Indonesia akan menghadapi tim penghuni peringkat ke-184 FIFA dua kali. Pertama pada 24 Januari di Stadion I Kapten Dipta, Gianyar, Bali, dan kedua pada 27 Januari di lokasi yang sama.

(ruz)