Piala Afrika: Salah Tumbang, Aljazair Diimbangi Sierra Leone

Piala Afrika: Salah Tumbang, Aljazair Diimbangi Sierra Leone

Timnas Mesir harus mengakui keunggulan Nigeria.

Jakarta, Batamnews - Timnas Mesir mengawali kiprah di Piala Afrika 2021 dengan takluk 0-1 dari Nigeria. Sementara, juara bertahan, Aljazair, tertahan 0-0 oleh Sierra Leone.

Laga Grup D Piala Afrika 2021 mempertemukan negara yang pernah menjadi juara di ajang ini yaitu Nigeria vs Mesir. Duel kedua negara berlangsung di Roumde Adjia Stadium, Garoua, Kamerun, Selasa (11/1/2022) malam WIB.

Mesir yang mengandalkan Mohamed Salah tertekan di babak pertama. Nigeria tampil agresif melancarkan serangan. Elang Super hampir memecah kebuntuan di menit ke-26. Namun, sepakan Moses Simon dari sudut sempit masih melebar.

Baca juga: Mo Salah Tak Bisa Keluar Salat Ied Gara-gara Terlalu Diekspos Media

Gempuran Nigeria akhir berbuah hasil di menit ke-30. Menerima umpan sundulan dari Joe Aribo, Kalechi Iheanacho mengontrol bola dengan baik di kotak penalti. Ia lalu melepas sepakan keras ke pojok kiri gawang Mesir. Derasnya bola tak kuasa dibendung Mohammed El Shenawy.

Skor 1-0 untuk Nigeria menutup babak pertama. Selepas jeda, Nigeria tak mengendurkan tekanan. Peluang emas mereka miliki di menit ke-49.

Taiwo Amoniyi melancarkan sundulan di depan gawang Mesir. Upayanya ini gagal berbuah gol karena masih bisa ditahan El Shenawy.

Pada menit ke-70, Mesir yang bisa keluar dari tekanan Nigeria hampir menyamakan kedudukan. Salah terbebas usai lepas dari jebakan offside. Namun, tembakan Salah masih bisa diamankan Maduka Okoye.

Baca juga: Timnas Mesir Bukan Tim Mohammad Salah

Nigeria bisa mempertahankan keunggulan 1-0 hingga laga tuntas. Hasil ini bikin Nigeria memuncaki klasemen Grup D dengan tiga angka, sedangkan Mesir di dasar klasmen dengan belum meraih poin.

Di laga sebelumnya, juara bertahan Aljazair gagal meraih kemenangan di laga perdana mereka di Grup E. Riyad Mahrez dkk tertahan 0-0 oleh Sierra Leone di Japoma Stadium.

Aljazair menggempur lini pertahanan Sierra Leone dengan total melepas 19 tembakan. Namun, usaha mereka tersebut tak ada satu pun yang berbuah gol.

(ruz)