MTQ IX Tingkat Kabupaten Lingga Digelar Usai Lebaran Idul Fitri

MTQ IX Tingkat Kabupaten Lingga Digelar Usai Lebaran Idul Fitri

Astaka MTQ di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir.

Lingga, Batamnews - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) IX tingkat Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), akan digelar di Kecamatan Singkep Pesisir. Rencananya, event dua tahunan ini akan dilaksanakan pada Mei 2022 mendatang atau bertepatan setelah lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Wakil Bupati yang sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Lingga, Neko Wesha Pawelloy mengatakan, dipilihnya Singkep Pesisir sebagai tuan rumah dengan pertimbangan lokasi yang luas dan ketersediaan astaka.

"Luasnya lokasi menjadi pertimbangan kita dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Jangan sampai event MTQ dianggap sebagai penyebab klaster baru," kata dia saat memimpin rapat persiapan MTQ tingkat Kabupaten Lingga, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Pemkab Lingga Mau Tata Lapangan Hangtuah Jadi Lebih Ikonik

Astaka MTQ memang sudah berdiri di Kecamatan Singkep Pesisir. Dimana sebelumnya, lokasi tersebut menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2018 silam. Di lokasi ini telah terbangun astaka permanen.

"Tentu akan menghemat anggaran. Kita tidak perlu membangun astaka yang baru. Laksanakan sesuai dengan kemampuan anggaran," ucap putra mantan Bupati Lingga, Alias Wello ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lingga, Muhammad Nasir berharap setiap daerah nantinya dapat mengirimkan peserta terbaiknya.

"Artinya, kemampuan peserta harus terus di upgrade. Paling penting, pesertanya adalah anak asli daerah masing-masing. Tentu setiap daerah sudah punya database peserta," pungkasnya.

(ruz)