Pemkab Lingga Mau Tata Lapangan Hangtuah Jadi Lebih Ikonik

Pemkab Lingga Mau Tata Lapangan Hangtuah Jadi Lebih Ikonik

Bupati Lingga, Muhammad Nizar memimpin FGD penataan halaman Hangtuah Daik Lingga (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), akan melakukan penataan terhadap Lapangan Hangtuah yang berada di Ibu Kota Kabupaten Lingga, Daik.

Bahkan, terkait rencana penataan tersebut, Bupati Lingga Muhammad Nizar telah pun menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) bersama beberapa SKPD terkait, Lembaga Adat Melayu (LAM), tokoh adat dan budaya, tokoh masyarakat, pemuda dan penggiat sejarah, Rabu (5/1/2022).

Sebelumnya, rencana penataan taman yang sarat sejarah tersebut digaungkan oleh Bupati Lingga, mengingat taman itu merupakan cagar budaya dan harus didesain menjadi taman dan pusat ikonik sejarah Kota Daik.

Sebagaimana diketahui Lapangan Hangtuah, merupakan tempat ajang penggelaran baik penggelaran seni dan budaya, maupun acara-acara resmi pemerintah, sebelum Lingga menjadi sebuah kabupaten seperti sekarang.

Baca juga: Balai Arkeologi Sumut Tawarkan Kerjasama Penelitian Objek Kesejarahan di Lingga

Pada FGD yang digelar, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Lingga telah mendesain rencana penataan sebagaimana yang direncanakan.

Berkerjasama dengan Dinas PU, dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, grand desain agar dapat tersusun sebaik mungkin sampai pada teknis pelaksanaan. Penataan taman yang dimaksud juga diharapkan tidak menghilangkan nilai sejarah yang ada.

"Penataan kawasan Laman Hangtuah memang wajib dilakukan," kata Nizar.

Rencana penataan itu pun disambut baik semua kalangan yang hadir pada FGD. Hanya saja secara teknis masih harus tetap dikoordinasikan, didiskusikan karena rencana penataan tersebut bersifat permanen.

(ruz)