Booster Ketiga Vaksin Corona Hanya Pakai Setengah Dosis

Booster Ketiga Vaksin Corona Hanya Pakai Setengah Dosis

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Pemerintah akan memulai program booster atau suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Kota Batam, Kepulauan Riau dinilai memenuhi syarat untuk melasanakan program tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan prosedur penyuntikan booster ketiga vaksin Covid-19 berbeda dengan dosis pertama dan kedua.

Booster ketiga hanya menggunakan setengah dosis saja. Hal ini berdasarkan hasil rapat dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Selasa (11/1/2022).

“Kalau dosis 1 dan 2 menggunakan satu dosis, tetapi booster ketiga hanya setengah dosis,” ujar Didi, Rabu (12/1/2022).

Dari hasil rapat tersebut juga memberikan penjelasan bahwa pemberian jenis vaksin Covid-19 untuk booster ketiga dilakukan dengan metode homologous (vaksin yang sama dengan dosis satu dan dua) dan heterologous (vaksin yang berbeda dengan dua suntikan sebelumnya).

Baca: Kadinkes Sebut Warga Batam Layak Dapatkan Booster Vaksin

Dalam aturannya, ada tiga kombinasi vaksin booster yang akan diberikan mulai besok. Pertama, untuk penerima vaksin primer Sinovac atau vaksin pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis vaksin Pfizer.

Lalu kombinasi kedua, untuk penerima vaksin primer Sinovac, akan diberikan booster setengah dosis vaksin AstraZeneca. Dan kombinasi terakhir, untuk vaksin primer AstraZeneca akan diberikan booster setengah dosis vaksin Moderna

“Hasil terakhirnya sementara begitu, penerima vaksin Moderna pada dosis pertama dan kedua belum diatur lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, untuk aturan lainnya penerima booster ketiga, harus memiliki jeda waktu 6 bulan setelah menerima vaksin dosis kedua. Didi menambahkan pelaksanaan booster ketiga akan memprioritaskan lanjut usia (lansia).

“Yang diutamakan masih lansia, sama seperti pencanangan vaksin Covid-19 pertama kali,” kata dia.

Baca: Jokowi: Booster Vaksin Corona Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Sehari lalu, Presiden RI, Joko Widodo memastikan vaksinasi ketiga atau booster vaksin Covid-19 akan dimulai 12 Januari 2022. Vaksinasi ini diberikan secara gratis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews