Resmi! Vaksin Booster Dimulai Besok, Jokowi Pastikan Gratis

Resmi! Vaksin Booster Dimulai Besok, Jokowi Pastikan Gratis

Presiden RI, Jokowi. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Batamnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan vaksinasi booster Covid-19 bakal dimulai Rabu (12/1/2022). Adapun warga yang diprioritaskan menerima vaksin booster adalah lansia dan kelompok rentan yang sudah divaksinasi lengkap lebih dari enam bulan.

"Pada tanggal 12 Januari pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas lansia dan kelompok rentan," beber Jokowi dalam konferensi pers Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Booster Vaksin Corona Gratis untuk Seluruh Masyarakat

"Hal ini penting untuk meningkatkan kekebalan masyarakat, mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi. Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin Covid-19 ketiga ini gratis untuk masyarakat Indonesia, karena sekali lagi keselamatan rakyat adalah yang utama," jelasnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelumnya sudah menyetujui vaksinasi booster dengan lima jenis vaksin Covid-19. Lima jenis vaksin Covid-19 tersebut adalah:

Sinovac

Moderna

AstraZeneca

Zifivax

Pfizer

Jenis vaksin Covid-19 Moderna dapat diberikan secara heterolog atau berbeda dengan vaksin primer pada penerima vaksin Pfizer, AstraZeneca, dan Johnson and Johnson. Demikian juga vaksin Zifivax juga bisa menjadi booster heterolog untuk penerima vaksin primer Sinovac dan Sinopharm. Sementara penerima vaksin primer Sinovac bisa diberikan sebagai booster homolog untuk penerima vaksin primer Sinovac.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews