Jokowi: Booster Vaksin Corona Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Jokowi: Booster Vaksin Corona Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Presiden Joko Widodo. [Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden]

Jakarta - Kabar baik menyertai rencana booster vaksin Corona yang akan diberikan kepada masyarakat mulai besok, Rabu (12/1/2022).

Presiden Jokowi mengumumkan program ini nantinya gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

"Tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melakukan vaksinasi ketiga dengan prioritas lansia dan kelompok rentan," kata Jokowi dikutip dari kumparan, Selasa (11/1/2022). 

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia" tegas dia.

Baca: Vaksin Booster 12 Januari, Cuma Kelompok Ini yang Dapat Gratis

Sementara itu, BPOM sebelumnya mengungkapkan ada 5 vaksin yang siap digunakan untuk booster. Mereka adalah Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivax.

Berikut data lengkap yang disampaikan Kepala BPOM:

Vaksin Coronavac 1 dosis setelah 6 bulan usia 18 tahun ke atas, berdasarkan hasil uji klinis KIPI yang berhubungan vaksin reaksi lokal. Nyeri, kemerahan, keparahan grade 1. Imunogenisitas meningkat 21-35 kali setelah pemberian vaksin booster setelah 28 hari.

Yang kedua vaksin Pfizer, ini untuk booster homolog diberikan 1 dosis minimal setelah 6 bulan untuk 18 tahun ke atas. Data menunjukkan keamanan, kejadian tidak diinginkan umumnya nyeri di area sekitar suntikan, sakit kepala, demam, grade 1 hingga 2. Peningkatan titer antibodi netralisasi setelah 1 bulan sebesar 3,3 kali.

Baca: BPOM Restui 5 Jenis Vaksin Covid-19 untuk Booster

Ketiga, AstraZeneca homolog juga. Tingkat keamanan dapat ditoleransi dengan baik, ada kejadian KIPI ringan dan sedang. Ringan 51 persen, sedang 37 persen. Nilai rata-rata titer antibodi dari 1.792 menjadi 3.000an lebih sekitar 3,5 kali.

Vaksin Moderna untuk homolog dan heterolog setengah dosis. Kemudian sebagai booster, heterolog vaksin primernya AZ, Pfizer, dan Johnson & Johnson. Ini menunjukkan respons antibodi sampai 13 kali dari booster subjek 18 tahun ke atas.

Kelima, vaksin Zifivax ini untuk booster vaksin primer Sinovac dan Sinopharm juga diberikan setelah 6 bulan menunjukkan titer antibodi netralisasi lebih dari 30 kali.