Vaksin Booster 12 Januari, Cuma Kelompok Ini yang Dapat Gratis

Vaksin Booster 12 Januari, Cuma Kelompok Ini yang Dapat Gratis

ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Vaksin booster atau vaksinasi dosis ketiga di Indonesia rencananya bakal digelar 12 Januari mendatang. Ada dua skema vaksin booster Covid-19 yakni gratis dan berbayar. Siapa yang bisa dapat gratis?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam satu kesempatan mengatakan hanya kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang bisa mendapatkan vaksin booster Covid-19 gratis.

Baca juga: Pengguna Vaksin Sinovac Girang, Ada Kabar Baik Soal Omicron

"Kita sudah bicarakan dengan pak Presiden, prioritas booster vaksin itu lansia dulu, baru nanti yang akan ditanggung oleh negara (biayanya) adalah peserta PBI. Jadi nanti, anggota DPR yang penghasilannya cukup, bayar sendiri booster-nya," imbuh Budi dalam Raker Komisi IX DPR RI, Senin (8/11/2021) lalu.

Sementara untuk skema mandiri, Kemenkes belum mengeluarkan aturan lebih lanjut mengenai harga dan jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan.

Siapa saja kelompok PBI?

Dikutip dari laman BPJS Kesehatan, Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) adalah peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

1. Fakir miskin

Fakir Miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya.

2. Orang tidak mampu

Orang tidak mampu adalah orang yang mempunyai sumber mata pencaharian, gaji atau upah yang hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar yang layak namun tidak mampu membayar iuran Jaminan Kesehatan bagi dirinya dan keluarganya.

Baca juga: Disuntik 11 Dosis Vaksin Covid, Pria Ini Mengaku Badan jadi Lebih Sehat

Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan harus memenuhi syarat berikut ini:

WNI

Memiliki NIK yang terdaftar di Dukcapil

Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews