Pfizer Mau Bikin Vaksin Khusus Omicron, Kapan Ready?

Pfizer Mau Bikin Vaksin Khusus Omicron, Kapan Ready?

Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer (Foto: SHUTTERSTOCK)

Jakarta, Batamnews - Vaksin khusus varian Omicron akan segera hadir. Perusahaan farmasi Pfizer menyebut vaksin tersebut bakal siap di Maret 2022 mendatang.

"Vaksin ini akan siap pada bulan Maret. Kami (sudah) mulai memproduksi beberapa dari jumlah ini yang berisiko," kata CEO Pfizer Albert Bourla kepada "Squawk Box" CNBC.

Selain itu, Bourla mengatakan vaksin tersebut akan menyasar varian lain yang juga muncul. Masih belum jelas apakah vaksin Omicron diperlukan atau bagaimana penggunaannya, tetapi Pfizer akan menyiapkan beberapa dosis karena beberapa negara menginginkannya siap sesegera mungkin.

Baca juga: Cegah Omicron, Kepri Dapat Alat Khusus Deteksi Varian Covid-19

"Harapannya adalah kita akan mencapai perlindungan yang jauh lebih baik terutama terhadap infeksi," kata Bourla lagi.

Menurut Badan Keamanan Kesehatan, menunjukkan vaksin Pfizer hanya sekitar 10 persen efektif dalam mencegah infeksi simtomatik dari Omicron 20 minggu setelah dosis kedua. Namun, dua dosis asli masih memberikan perlindungan yang baik terhadap penyakit parah.

"Suntikan booster hingga 75 persen efektif untuk mencegah infeksi simtomatik," tulis penelitian itu lagi.

Bourla menambahkan, tidak jelas apakah dosis keempat diperlukan. Dia mengatakan Pfizer akan melakukan percobaan untuk menentukan apakah dosis lain diperlukan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews