Bintan Kucurkan Rp 525 Juta Bantuan Duka untuk 361 Kasus Kematian di 2021

Bintan Kucurkan Rp 525 Juta Bantuan Duka untuk 361 Kasus Kematian di 2021

Warga yang merupakan ahli waris menerima bantuan uang duka dari Bagian Kesra Setdakab Bintan (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), mulai menyalurkan alokasi bantuan sosial uang duka masyarakat yang telah meninggal dunia, terhitung sejak Desember 2020 hingga Desember 2021.

Adapun alokasi yang akan disalurkan dalam 1 tahun tersebut sebesar Rp 525 juta dengan jumlah penerima atau ahli waris dari 361 kasus kematian.

Kabag Kesra di Setretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bintan, Mardiani mengatakan, penyaluran bantuan uang duka tersebut diharapkan mampu meringankan beban ekonomi ahli waris keluarga yang mendapatkan musibah kematian. Mulai dari pembiayaan pemakaman hingga pelaksanaan tradisi doa atau kenduri.

"Kita berharap penyaluran bantuan sosial yang telah menjadi salah satu program prioritas Pemda hendaknya bisa dimanfaatkan oleh ahli waris dengan sebaik-baiknya," ujar Kabag Kesra di Kantor Bupati Bintan, Kamis (6/1/2022).

Baca juga: Cegah Stunting di Bintan Libatkan 3 Instansi, Berikut Fokusnya

Penetapan dana bantuan sosial berupa uang duka yang terkena musibah meninggal dunia itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Bintan Nomor 552/XII/2021.

Adapun besaran santunan meninggal dunia dibagi atas beberapa kategori usia yaitu usia 0-5 tahun sebesar Rp 500.000. Lalu usia 6-17 tahun sebesar Rp 750.000 dan usia diatas 17 tahun keatas sebesar Rp 1.500.000.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan bahwa program santunan uang duka tersebut merupakan program unggulan dan prioritas utama. Itu sebagai wujud kepedulian dan perhatian dari Pemkab Bintan kepada warga yang sedang mengalami musibah.

"Alhamdulilah, program santunan dana kematian hingga  saat ini masih terus berjalan, program ini juga telah dijalankan oleh Bupati sebelumnya di zaman Pak Ansar, kita berharap program ini juga dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat kita d Bintan," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews