Tiba di Batam

8 Jenazah PMI Korban Kapal Karam Dipulangkan ke Daerah Asal Besok

8 Jenazah PMI Korban Kapal Karam Dipulangkan ke Daerah Asal Besok

8 jenazah PMI tiba di Kota Batam (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Proses repatriasi 8 jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di Malaysia berjalan aman. Jenazah korban tiba di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (4/1/2021) sekira pukul 18:30 WIB.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhart dalam konferensi pers di RS Bhayangkara mengatakan bahwa ini kali kedua repatriasi dilakukan. Tentu juga telah melewati proses identifikasi oleh pihak kepolisian maupun imigrasi Malaysia.

Tahap kedua ini, 8 jenazah dipulangkan ke tanah air. Dari jenazah-jenazah tersebut, didominasi warga Nusa Tenggara Barat (NTB) dan ada 1 orang dari Jawa Timur.

Baca juga: 8 Jenazah PMI Korban Kapal Karam Tiba di Batam Malam Ini

"Masih ada 3 jenazah di Malaysia. Namun belum dapat dilakukan indentifikasi mengingat belum ada data pembanding yang dijadikan acuan pihak otoritas Malaysia," ujar Harry.

Ia menambahkan jika proses penyidikan terus berlanjut. Dari kejadian itu pula, sudah dilakukan penangkapan 3 orang yang diduga kuat yang bertanggungjawab atas pengiriman PMI ilegal tersebut.

Repatriasi warga Indonesia kedua di Johor Baru, Malaysia. Proses repatriasi tahap dua sebanyak 8 jenazah WNI. Telah dilakukan proses identifikasi oleh polisi Malaysia dan imigration.

Sementara pihak Satgas BP2MI akan memulangkan jenazah setelah proses autopsi. Besok pukul 07:00 WIB, jenazah PMI itu akan dipulangkan kembali ke kampung halaman masing-masing.

(jun)