Diangkat Jadi PNS, 140 CPNS Pemkab Bintan Dituntut Lebih Kreatif

Diangkat Jadi PNS, 140 CPNS Pemkab Bintan Dituntut Lebih Kreatif

Bupati Roby menyerahkan SK pengangkatan secara simbolis kepada CPNS Pemkab Bintan.

Bintan, Batamnews - Sebanyak 140 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diangkat dan diambil sumpahnya sebagai PNS di lingkup Pemkab Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Mereka terdiri dari berbagai formasi yang lulus tes CPNS 2019 lalu.

Pengangkatan CPNS menjadi PNS itu dilakukan secara langsung oleh Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan di Aula Kantor Bupati Bintan, Senin (3/1/2022). Selain itu, juga dilakukan penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 324 PNS. Mulai dari Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menekankan agar momentum pengangkatan bagi PNS yang baru dan yang mendapatkan Satyalancana Karya Satya dapat dijadikan motivasi dan spirit.

Baca juga: Kemenpora: Putaran Nilai Ekonomi Sport Tourism di Indonesia Masih Lemah

"Bagi para ASN Bintan untuk lebih meningkatkan kinerja, profesionalitas dan integritas. Lalu mampu amanah dalam menjalankan tugas," katanya.

Pemkab Bintan tentu mengapresiasi setinggi-tingginya atas pengabdian yang telah dilakukan oleh para ASN. Diharapkan 2022 ini, agar ada suatu perubahan kinerja yang lebih baik, dengan kinerja yang lebih optimal, profesionalitas dan integritas sebagaimana tugas dan fungsi sebagai abdi negara.

Apalagi mulai tahun ini pemerintah sudah menerapkan sistem merit. Yaitu sistem pendekatan dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN yang mengedepankan kualifikasi, kompetensi serta kinerja sebagai pertimbangan dalam pengembangan dan penataan karier.

Baca juga: Pelaku UMKM di Bintan Bisa Pinjam Modal Bank Tanpa Bunga, Catat Syaratnya!

Dengan sistem tersebut, ASN yang memiliki kompetensi dan kinerja yang baik dan tinggi tentu mendapatkan kesempatan perkembangan karier yang lebih baik.

"Ingat Sekarang sistem merit. Diharapkan agar ASN Bintan dapat lebih semangat lagi, untuk melakukan inovasi dan kreativitas dengan segala perkembangan kemajuan teknologi," jelasnya.

ASN Bintan diminta dapat merefleksi dan mengevaluasi diri, apa yang telah dilakukan pada 2021. Maka mulai di tahun ini dapat lebih ditingkatkan lagi, khususnya masalah disiplin.

"Karena kunci peningkatan kinerja adalah disiplin. Ini menjadi PR bagi kita bersama bagi peningkatan disiplin para pegawai,” ucapnya.

(ary)