Hendra/Ahsan Hingga Kevin Sanjaya Sindir Bonus Rp 10 M Piala Thomas?

Hendra/Ahsan Hingga Kevin Sanjaya Sindir Bonus Rp 10 M Piala Thomas?

Skuad Piala Thomas 2020. (Foto: BNI)

Jakarta, Batamnews - Mohammad Ahsan hingga Kevin Sanjaya Sukamuljo mengunggah di media sosial terkait bonus Rp 10 miliar Piala Thomas 2020. Isinya berupa sindiran?

Indonesia berhasil menjadi juara Piala Thomas 2020 beberapa waktu lalu. Di final, tim Merah Putih mengalahkan China 3-0.

Baca juga: Jojo Ungkap Rahasia Indonesia Juara Piala Thomas

Hasil itu membuat puasa gelar Indonesia di Piala Thomas selama 19 tahun berakhir. Apresiasi kepada pemain kemudian menjadi bahasan.

Bonus sempat tak kunjung turun oleh pemerintah. Beberapa pebulutangkis menyuarakan kritikan karena merasa capaiannya tak diapresiasi.

Pro kontra pada akhirnya terjadi. Banyak yang merasa wajar skuad Piala Thomas diganjar bonus, namun beberapa juga menilai tak etis memintanya di tengah pandemi.

Sampai akhirnya, bonus dikucurkan pemerintah. Hadiah Rp 10 miliar diserahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga kepada Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia [PP PBSI] pada Senin (27/12/2021) lalu.

Dalam fotonya, tertulis di papan bonus "Bonus Thomas Cup 2020 Rp 10 miliar" diserahkan Menpora Zainudin Amali kepada Ketua PBSI Agung Firman Sampurna. Menpora Zainudin Amali juga menegaskan bonus itu sebagai bukti pemerintah memerhatikan atlet.

Namun, Agung Firman kemudian meluruskan, bahwa ternyata bonus tak jatuh seluruhnya ke tangan skuad Piala Thomas 2020. Ketua PBSI itu menyebut, bonus juga dibagi untuk pengembangan PBSI.

"Karena sepanjang tahun ini prestasi PBSI paling banyak, maka penghargaan dalam bentuk dana pembinaannya juga paling besar, yakni Rp10 miliar. Jumlah apresiasi yang diberikan Kemenpora tersebut disesuaikan dengan prestasi yang dihasilkan masing-masing induk organisasi cabang olahraga," tutur Agung.

"Selain itu, juga ada alokasi untuk kegiatan rekrutment, pelatihan, dan pembinaan pemain agar proses penciptaan para juara di Pelatnas Cipayung bisa terus berkelanjutan dan tidak terputus," tutur Agung.

Hal itu memastikan hadiah Rp 10 miliar rupanya tak jatuh seluruhnya kepada para pemain di Piala Thomas 2020. Tak lama kemudian, beberapa pebulutangkis kemudian ramai membuat unggahan di media sosial.

Baca juga: Merah Putih Tak Dikibarkan di Piala Thomas, Eks Atlet: Pemerintah Harusnya Malu

Mohammad Ahsan, ganda putra Indonesia di Piala Thomas 2020, membuat unggahan yang isinya "Harus bersyukur walau pun di papannya sudah sangat jelas," tulisnya, sambil menyebut akun rekan-rekannya dari Hendra Setiawan hingga Jonatan Christie. Unggahan Ahsan kemudian dibagikan ulang oleh Hendra Setiawan dan Kevin Sanjaya.

Jonatan Christie juga sama. Tunggal putra Indonesia itu membuat unggahan lewat musik dengan lirik Syukuri Apa yang Ada...' sambil memberi tautan pemberitaan soal bonus Rp 10 M yang tak cair seluruhnya kepada tim Piala Thomas 2020.

(fox)