BWF World Tour Finals 2021: Indonesia Cuma Loloskan 4 Wakil

BWF World Tour Finals 2021: Indonesia Cuma Loloskan 4 Wakil

Praveen/Melati berhasil ke partai puncak All England 2020 (Foto:ist/net)

Bali, Batamnews - Indonesia hanya meloloskan empat wakil ke BWF World Tour Final 2021. Dua dari sektor ganda putra, satu ganda putri dan satu ganda campuran.

Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti merupakan pasangan yang sebelumnya menanti cemas posisinya. Terlebih setelah mereka tersingkir di babak kedua Indonesia Open dan hasil minor di Indonesia Masters.

Praveen/Melati lolos setelah mendapat tambahan 4.800 poin dari semula 24.910 poin. Mereka juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor campuran, setelah tahun lalu sempat didampingi Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Dari ganda putra, selain Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Indonesia juga meloloskan ganda putra junior Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Baca juga: Tim Badminton Standard Chartered Bank Singapura-Polda Kepri Gelar Laga Persahabatan di Batam

Kevin/Marcus yang kokoh di puncak klasemen BWF World Tour Finals, mendapat tambahan 12 ribu poin menyusul gelar juara Indonesia Open. Sedangkan Pramudya/Yeremia kian terdongkrak poinnya setelah mendapat tambahan 4.800 poin dari semula berada di peringkat enam dengan poin total 27.020.

Pada sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos. Mereka secara otomatis mengantongi tiket setelah meraih emas Olimpiade Tokyo 2020.

Indonesia kembali tak mengirim wakilnya di sektor tunggal putri. Sementara tunggal putra menjadi sebuah penurunan setelah tak ada satupun wakil yang lolos sejak terakhir kali pada 2017.

Pada BWF World Tour Finals 2018 hingga 2020, Indonesia masih konsisten mengirimkan wakilnya. Terakhir kali pada 2020 mereka meloloskan Anthony Sinisuka Ginting. Bahkan di 2019, Merah Putih mampu meloloskan dua wakil, salah satunya Jonatan Christie.

BWF World Tour Finals 2021 akan dilangsungkan di Bali International Convention Center & The Westin Resort, Nusa Dua, Bali mulai Rabu (1/12/2021) hingga Minggu (5/12/2021). Turnamen penutup tahun itu akan memperebutkan hadiah total 1,5 juta dolar AS.

(ruz)