Dinas Pertanian Lingga Bangun Dua Sumur Bor di Desa Sei Besar

Dinas Pertanian Lingga Bangun Dua Sumur Bor di Desa Sei Besar

Salah satu sumur bor di area percetakan sawah Desa Sungai Besar (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, membangun dua unit sumur bor di area percetakan sawah Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, di tahun 2021.

Kepala DPKP Lingga, Gandime Diyanto mengatakan, anggaran pembangunan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan bidang pertanian dengan nilai total Rp 1.146.500.000.

"Untuk irigasi air tanah atau pembangunan sumur bor, itu anggarannya Rp 400 juta," kata dia kepada Batamnews, Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Disdikpora Sosialisasi Penguatan Kapasitas Bunda Paud di Lingga

Gandi menjelaskan, pembangunan irigasi air tanah sejumlah dua unit untuk Kelompok Tani Berkah Jaya Desa Sungai Besar, berupa pembangunan Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT), pembangunan rumah pompa air, pembuatan sumur bor/gali dan pengadaan mesin pompa air dan perlengkapannya.

"Pembangunan irigasi air tanah ini merupakan pemanfaatan air tanah yang ada pada lapisan akuifer yang termasuk ke dalam daerah cekungan air tanah yang dinaikkan ke permukaan untuk dimanfaatkan sebagai sumber irigasi," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan ini juga tak lepas dari upaya mendukung program Bupati Lingga di bidang pertanian.

(ruz)