Esports Kini Jadi Ekstrakurikuler Pelajar Sekolah di Jawa

Esports Kini Jadi Ekstrakurikuler Pelajar Sekolah di Jawa

Ilustrasi.

Jakarta - Olahraga elektronik atau esports mulai menjadi ekstrakurikuler pelajar di sejumlah sekolah, di Jawa. Hal ini sebagai bagian dari upaya pembinaan atlet usia dini.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Frengky Ong, mengatakan program tersebut telah bergulir mulai pekan lalu diawali dengan pelatihan bagi guru dan coach, yang selanjutnya ekskul esports akan ditujukan bagi pelajar SMP, SMA dan SMK.

"Kami coba memenuhi permintaan dari beberapa sekolah swasta yang sekarang ini sudah meminta kepada PBESI untuk ekskul esport," ujar Frengky, dikutip dari kumparan, Kamis (23/12/2021).

Setiap pelatih ekskul esport wajib mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi pelatih akan terdiri dari tiga tier, yakni lisensi A untuk tim profesional dan nasional, lisensi B untuk tim semi amatir dan akademi, dan lisensi C untuk tim amatir dan ekstrakulikuler.

Ekskul esports diharapkan dapat memperkenalkan industri digital kepada pelajar, menjadi jembatan dunia pendidikan dengan esports, memberikan wawasan sebagai potensial karier, yang berujung pada regenerasi atlet esports Indonesia dari dunia pendidikan.

Saat ini ekskul esports masih berfokus di Pulau Jawa dimulai dengan sekolah swasta. Sementara sekolah negeri harus menunggu tahun ajaran baru. 

Frengky mengatakan PBESI telah melakukan penjajakan perjanjian dengan sekolah-sekolah swasta juga melakukan pendekatan dengan persatuan orang tua murid.

"Kami bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi orang tua, tentunya sebelum masuk satu sekolah kami mencoba me-meetingkan bersama-sama bahwa program ini membawa manfaat ke depannya. Kami coba untuk mengurangi ekses-ekses negatif yang sekarang ada dalam esport," terangnya.

PBESI juga akan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan kementeraian terkait lainnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews