Khasiat Terapi Petai untuk Penderita Asam Urat

Khasiat Terapi Petai untuk Penderita Asam Urat

Petai (Foto: vemale.com)

Batam - Apa anda termasuk penggemar petai? Jika iya, anda termasuk salah satu orang yang beruntung. Pada dasarya lalapan yang identik dengan baunya ini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Sebagian besar orang menyebutnya petai atau mlanding (Parkia speciosa) adalah jenis pohon polong-polongan yang dapat tumbuh di wilayah tropis. Berbagai peneliti mununjukkan petai sebagai biji-bijian yang kaya akan antioksidan. Dimana zat ini mampu melumpuhkan aktivitas radikal bebas.

Dalam petai juga ditemukan kandungan asam amino, zat besi, fosfor, asam oleat, asam linoleat dan juga mineral. Dimana buah ini diyakini sebagai salah satu pangan sehat bagi penderita asam urat.

Khasiat dan manfaat terapi petai untuk penderita asam urat ternyata sangat luar biasa. Yang mana banyak orang mengatakan kesehatannya jauh lebih baik dengan terapi satu ini. Berikut merupakan beberapa manfaat diantaranya:

Obat anti radang

Peradangan merupakan hal yang lumrah terjadi pada penderita asam urat. Namun, jangan khawatir kandungan saponin yang terdapat dalam petai ini sangat bermanfaat untuk mengatasi radang karena mempunyai sifat anti inflamasi dan juga anti radang. Sehingga anda dapat memanfaatkan petai untuk meringankan peradangan akibat asam urat.

Obat anti nyeri

Rasa nyeri disertai kemerahan hingga bengkak akibat asam urat biasanya akan timbul pada area sendi yang terserang asam urat. Untuk mengatasi peradangan yang akan menimbulkan rasa nyeri, anda dapat memanfaatkan petai untuk mengatasinya. Hal ini karena saponin di dalamnya bertindak sebagai anti nyeri yang akan meringankan nyeri akibat asam urat.

Tips memasak petai sebagai terapi asam urat

Masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan untuk mencampurkan petai ke dalam masakan. Karena petai juga sering dikatakan sebagai bumbu dalam masakan karena jumlah yang dikonsumsi pula sedikit. Berikut ini tips terapi petai untuk asam urat:

- Gantikan minyak sayur dengan minyak zaitun
- Selain dimasak, petai juga bisa anda konsumsi langsung tanpa dimasak agar kandungan di dalamnya benar-benar utuh
- Anda juga bisa mencampurkan petai dengan menu makanan jenis sayuran agar lebih efektif
- Pastikan konsumsi petai dalam porsi yang wajar supaya tidak menimbulkan efek samping

Demikian itulah informasi mengenai Khasiat Terapi Petai untuk Penderita Asam Urat yang perlu anda coba dan lakukan di rumah. Meski terbilang alami, namun terapi petai ini tidak dapat menyembuhkan asam urat hingga tuntas. Bahkan sebagian orang mengatakan petai menjadi salah satu jenis makanan yang dipantang bagi penderita asam urat.

(aiy)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews