Kapolri Ingatkan Sikap Anak Buah saat Masyarakat Melapor

Kapolri Ingatkan Sikap Anak Buah saat Masyarakat Melapor

Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, Batamnews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan sikap anggotanya saat menerima aduan masyarakat. Sebab apapun aduannya, ada harapan dari pelapor agar permasalahannya dapat terselesaikan dengan baik dan mendapat bantuan dari kepolisian.

"Tidak semua pengaduan tersebut benar (prosedurnya), tidak semuanya benar. Namun pada saat kita kemudian melakukan langkah-langkah penanganan yang keliru atau ditanggapi secara tidak utuh, ada yang kurang, maka kemudian muncul masalah baru. Yang tadinya pengaduannya itu tidak benar, namun karena pada saat kita menanggapinya tidak pas, tidak sesuai, tidak sesuai dengan harapan masyarakat maka akan muncul masalah baru," tutur Sigit dalam Rapat Koordinasi Itwasum Polri 2021 di Yogyakarta yang tayang dalam kanal Youtube Div Humas Polri, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Mantan Wakapolri Terpilih Jadi Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam

"Jadi hal-hal ini tentunya harus selalu dievaluasi, sehingga harapan masyarakat terkait dengan masalah pengaduannya itu betul-betul bisa terjawab," sambungnya.

Sigit menegaskan, apapun dan bagaimana pun cara masyarakat menyampaikan aduannya ke kepolisian, anggota harus menindaklanjuti dengan respons cepat dan melayani secara baik.

Baca juga: Juara Lomba Orasi Unjuk Rasa Polda Kepri Berkesempatan Menangi Piala Kapolri

"Tidak harus selalu harapan tersebut apa yang diadukan itu kemudian bisa berjalan, manakala memang di luar ranah yang bisa kita lakukan. Namun pada saat itu berada di ranah yang bisa kita lakukan, maka lakukan pengawalan sehingga masyarakat betul-betul merasakan bahwa proses pengaduannya itu ada harapan, ada harapan bahwa itu terlayani dengan baik," jelas dia.

 

Sigit berharap berbagai fenomena yang terjadi belakangan ini atas kinerja Polri dapat menjadi bahan evaluasi bersama. Baik secara manajemen atau perilaku individu.

"Kemudian ada sistem komunikasi, bagaimana memanage pengaduan yang baik, diawaki oleh petugas yang profesional. Dan kemudian juga tentunya kita harus updating terhadap kondisi dan situasi lapangan sehingga harapan kita pengaduan masyarakat ini betul-betul bisa kita tindaklanjuti sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat," Sigit menandaskan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews