Siap-siap Ditegur `Mask Detector` Jika Tak Pakai Masker di Pelabuhan Punggur

Siap-siap Ditegur `Mask Detector` Jika Tak Pakai Masker di Pelabuhan Punggur

Mask Detector bakal menegur calon penumpang yang tak pakai masker di Pelabuhan Punggur (Foto:Yude/Batamnews)

Batam, Batamnews - Jangan terkejut kalau tiba-tiba ada calon penumpang di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam, ditegur saat tidak memakai masker namun tidak melihat petugas yang menegur. Itu adalah alat canggih yang dimiliki oleh pelabuhan tersebut.

Alat canggih yang bisa mendeteksi calon penumpang tidak memakai masker itu, terletak di pintu masuk Pelabuhan Domestik Telaga Punggur. Alat ini akan secara otomatis menegur calon penumpang yang tidak memakai masker saat masuk ke pelabuhan.

“Ayo, mana maskernya? Bang maskernya mana? Woi dipakai maskernya,” begitu bunyi teguran dari alat tersebut jika mendeteksi calon penumpang yang tidak memakai masker.

Tapi tenang, alat tersebut juga memberikan apresiasi bagi calon penumpang yang memakai masker kok.

Baca juga: Pelabuhan Punggur Siapkan Alat Canggih Tegur Penumpang Tak Gunakan Masker

“Terima kasih ya,” begitu yang disampaikan jika calon penumpang memakai masker.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelabuhan Telaga Punggur Suherman mengatakan, alat canggih tersebut dinamakan “Mask Detector”.

“Ini alat pendeteksi prokes, bagi yang tidak memakai masker ini bisa dibaca sama alat ini. Ini seperti robot, jarak sekian kalau nggak menggunakan masker bisa mengingatkan, bahkan bisa sampai keras (tegurannya),” ujar Suherman, Kamis (16/12/2021).

Dia menjelaskan, alat tersebut adalah bantuan dari Politeknik Negeri Batam yang diletakkan satu-satunya di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur.

“Sudah sekitar 5 sampai 6 bulan kami pakai di sini dan sangat efektif. Karena kalau petugas kan ada yang lalai, kalau ini nggak,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews