Waspada Omicron Masuk Batam, KKP Perketat Kedatangan Luar Negeri

Waspada Omicron Masuk Batam, KKP Perketat Kedatangan Luar Negeri

Ilustrasi. (Foto: East Asia Forum)

Batam, Batamnews - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam, telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi guna mencegah masuknya virus Covid-19 varian Omicron. Diketahui, saat ini di Indonesia telah terdeteksi varian tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Karantina dan Surveilance Epidemiologi KKP Batam, Romer Simanungkalit mengatakan, langkah antisipasi Omicron sudah dilaksanakan sejak dua pekan lalu.

Pihaknya fokus kepada kedatangan dari luar negeri. PCR hingga karantina juga akan terus dilakukan.

"Sudah kita lakukan sejak dua minggu yang lalu. Konsen kita itu kedatangan dari luar negeri, PCR hingga karantina juga dilakukan," kata Romer, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Duh, Omicron Terdeteksi Masuk RI, 5 Orang Suspek Ditemukan

Jika sampai Omicron menyebar di wilayah Batam, penanganannya pun hampir sama seperti varian sebelumnya.

"Kita lokalisir jika terjadi di Batam agar tak menyebar kemana-mana. Penanganan sama seperti sebelumnya, itu juga kita lakukan saat mengantisipasi varian Delta," ujar dia.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya sedang menangani suspek 5 kasus Covid-19 varian omicron. Mereka diketahui datang dari luar negeri.

Dua di antaranya adalah warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Keduanya diisolasi di Wisma Atlet, Jakarta.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews