Pelabuhan Punggur Siapkan Alat Canggih Tegur Penumpang Tak Gunakan Masker

Pelabuhan Punggur Siapkan Alat Canggih Tegur Penumpang Tak Gunakan Masker

Pelabuhan Punggur. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Pelabuhan Domestik Telaga Punggur menyiapkan beberapa hal jelang libur natal dan tahun baru. Diantaranya, memperketat protokol kesehatan (prokes). 

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelabuhan Suherman mengatakan, pihaknya akan memperketat protokol kesehatan di lingkungan pelabuhan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi Covid.

Baca juga: Langkah Bina Marga Atasi Titik Banjir Jalan Menuju Pelabuhan Punggur

"Pertama kami akan melakukan kordinasi dengan Stakeholder yang ada di pelabuhan. Satu diantaranya penumpang yang ingin berangkat tetap di kondisikan dengan kapasitas yang telah diatur," ujarnya, Selasa (14/12/2021).

Untuk itu, pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa posko terpadu juga untuk memantau penumpang keluar masuk. 

"Kami juga sudah menyiapkan beberapa petugas untuk mengecek itu (prokes). Beberapa posko juga kami siapkan," katanya. 

Yang terbaru kata Suherman, pelabuhan ferry domestik Telaga Punggur saat ini sudah mempunyai alat pendeteksi otomatis bagi penumpang yang tidak menggunakan masker. 

“Jadi alat itu bisa menegur langsung penumpang yang tidak pakai masker,” ungkapnya.

Terkait pembatasan kapasitas, saat ini masih tetap menggunakan aturan sebelumnya yakni 70 persen dari jumlah kapasitas kapal dengan pembatasan tersistem.

Baca juga: Maling Gentayangan di Senjulung Punggur, Warga Resah 

"Masih kita batasi sekitar 70 persen jadi pembatasan itu tersistem. Kita punya alat khusus, jadi agen tidak bisa mengeluarkan boarding selagi kapasitasnya dibatasi oleh sistem jadi kalau penumpang itu dibatasi 100 ya 100 lah," katanya. 

Ia juga mengimbau agar masyarakat Kepri yang ingin berpergian menggunakan kapal ferry, agar selalu menaati peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews