Hunian Hotel di Batam Menggeliat Jelang Tahun Baru 2022

Hunian Hotel di Batam Menggeliat Jelang Tahun Baru 2022

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Larangan ke luar kota pada akhir tahun 2021 membuat warga Batam memilih untuk menghabiskan malam pergantian tahun di hotel. Sehingga membuat tingkat hunian hotel di Batam mulai penuh. 

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Mansur mengatakan informasi yang diterima, bahwa tingkat hunian beberapa hotel di Batam sudah mulai banyak menerima pesanan.

Baca juga: Promo Khusus Batam Marriott Hotel Sambut Natal dan Tahun Baru 

"Hal baik tentunya, karena ini merupakan angin segar bagi pengusaha hotel. Karena masih bertarung melawan badai pandemi Covid-19,” ujar Mansur, Selasa (14/12/2021). 

Ia menyebutkan, rata-rata tingkat hunian sudah mencapai di atas 50 persen untuk saat ini. Pihaknya berharap berita baik ini bisa bertahan hingga akhir tahun. 

"Untuk saat ini hotel sedikit diuntungkan karena adanya program dari Kemenparkraf berupa program staycation untuk para tenaga kesehatan, baik yang di Batam maupun dari luar Batam," katanya.

Selain itu, sejak awal tahun ini, beberapa kegiatan MICE (meetings, incentives, conferences and exhibition) sudah mulai berjalan di Batam. Kegiatan MICE tersebut sudah dilangsungkan oleh Pemerintah maupun swasta. 

Baca juga: Syukuri Ulang Tahun Pertama, Batam Marriott Hotel dan TFC Berbagi di Pulau Lance-Panjang Barat

Beberapa kegiatan kementrian berlangsung di Batam. Hal ini tentunya memberikan harapan baru bagi dunia pariwisata, setelah selama ini sempat tidak beraktifitas karena pandemi Covid-19. 

"Di bulan Desember ini sudah hampir merata. Kalau bulan sebelumnya masih tidak terlalu, tapi ada. Ya, kalau dibandingkan tahun lalu sudah pasti lebih baik," jelasnya.

Mansur menambahkan, saat ini Occupancy masih segment untuk hotel bintang. Sedangkan untuk hotel budget dan non bintang belum terlihat signifikan. Kendati demikian, diharapkan di penghujung tahun ini tingkat hunian bisa terus membaik.

Baca juga: Wedding Expo di Batam Marriott Hotel Tawarkan Paket Spektakuler 

"Kalau bisa semua hotel terisi. Karena kan event tidak bisa. Setidaknya kalau di hotel bisa menikmati akhir tahun bersama keluarga," ujarnya.

Pihaknya meminta semua pihak menjaga protokol kesehatan (Prokes), dan berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Batam diharapkan semakin siap dalam menyambut wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara (wisman).

"Tentunya pelaku wisata tetap optimis akan bangkitnya sektor wisata. Meskipun begitu, kewaspadaan terhadap adanya ancaman varian Covid-19 tetap harus ada, jangan abai terhadap Protkes," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews