Aksi Telanjang Siskaeee Disebut Eksibisionis, Apa Itu?

Aksi Telanjang Siskaeee Disebut Eksibisionis, Apa Itu?

Siskaeee (Foto: Tangkapan Layar).

Batam, Batamnews - Publik dihebohkan dengan aksi perempuan pamer payudara di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo yang viral di media sosial. 

Terduga pelaku pamer payudara tersebut, Siskaeee ditangkap di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Baca juga: Geledah Kamar Kos Siskaeee, Polisi Kumpulkan Sejumlah Barang 

Nama Siskaeee telah lama beredar di media sosial dengan konten-konten memamerkan area intim tubuhnya. 

Aksi Siskaeee disebut eksibisionis, apa itu? 

"Ekshibisionisme adalah suatu jenis parafilia yang menandai seseorang yang mencari rangsangan atau kepuasan seksual dengan mempertunjukkan dirinya pada korban yang tidak menduga sebelumnya," ungkap Psikolog Klinis, Diah Nutrisiani melansir okezone.

Namun, dia juga memberi pengecualian pada mereka yang menunjukkan tubuhnya ke orang lain. 

Sebab, penari bugil profesional juga pada umumnya tidak memenuhi kriteria klinis untuk terdiagnosis mengidap ekshibisionisme, meski pun mereka mungkin mempertontonkan tubuh bagian intim mereka. 

Lebih lanjut, eksibisionisme ini masuk dalam kategori Diagnositic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), salah satu gangguan mental, dan ini cukup membuat seseorang harus mendapatkan pertolongan.

Baca juga: Jadi Tersangka Pamer Payudara-Kemaluan, Siskaeee Terancam 12 Tahun Bui 

Sebab, jika kebiasaan ini dibiarkan, bisa saja membuat orang lain trauma dan ini berakibat jangka panjang. 

Secara spesifik, eksibisionisme kata Psikolog Diah, masuk ke dalam kategori DSM V yang mana memiliki ciri khusus yaitu aktivitas berulang, intens, dan terjadi selama 6 bulan. 

"Perilaku ini adalah fantasi atau dorongan dan perilaku yang menimbulkan gairah seksual yang berkaitan dengan memamerkan alat kelamin kepada orang lain yang tidak dikenalnya.

 

Orang yang bersangkutan bertindak berdasarkan dorongan tersebut, atau dorongan dan fantasi menyebabkan orang tersebut sangat menderita atau mengalami masalah interpersonal," sambung Psikolog Diah. 

Dia menambahkan, ada hal yang bisa dilakukan saat seseorang mencoba melakukan eksibisionisme pada Anda. 

"Dianjurkan untuk tidak menunjukkan reaksi terkejut atau takut berlebihan karena itu bisa mendorong pelaku semakin mempertontonkan dirinya. Kemudian, jika memungkinkan saran saya bersikap biasa saja atau menjauh dari si pelaku," tambah Psikolog Diah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews