Pemko Batam Sebut Sudah Tertibkan Tunawisma JPO Mukakuning, Faktanya Masih Ada

Pemko Batam Sebut Sudah Tertibkan Tunawisma JPO Mukakuning, Faktanya Masih Ada

Warga melintas di JPO Mukakuning pada Senin (28/1/2019) pagi. Terlihat ada tunawisma sedang terlelap di jembatan tersebut. (Foto: Dyah/batamnews)

Batam - Pemerintah Kota Batam menyatakan sudah menertibkan tunawisma di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Mukakuning yang meresahkan warga. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan upaya penertiban tunawisma tersebut dilakukan kemarin, Minggu (27/1/2019).

“Kemarin sudah cukup meresahkan, kemarin anggota kami sudah ke lapangan dan menertibkan tunawisma tersebut,” ujar Rustam kepada Batamnews, Senin (28/1/2019). 

Ia mengakui sebenarnya penanganan tunawisma berada pada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dinas Sosial dan Pemeberdayaan Masyarakat Kota Batam, namun pihaknya mengambil langkah terlebih dahulu untuk membuat suasana menjadi kondusif. 

“Tapi kami sudah koordinasi dengan pihak Dinsos juga,” katanya. 

Terkait kondisi JPO yang sudah memprihatinkan, beberapa bagian jembatan sudah ada yang terlepas, ditambah lagi ketika malam sudah minim penerangan. 

Rustam beralasan bahwa kewenangan JPO berada Pemerintah Provinsi, “itu yang punya provinsi, bukan kami,” kata dia. 

Namun demikian, fakta di lapangan berbanding terbalik. Pada Senin pagi, keberadaan tunawisma di JPO tersebut masih ada.

Hingga pukul 7.00 WIB, terlihat ada dua tunawisma yang masih terlelap di koridor JPO itu. Padahal, warga pengguna JPO sudah banyak yang lalu lalang.

Baca: Lelaki Mesum dan Tunawisma Resahkan Pengguna JPO Mukakuning

Selain keberadaan tunawisma, hal lain yang meresahkan warga adanya pria eksibisionis yang kerap mengganggu pengguna JPO, khususnya kalangan perempuan.

Pria ini kerap beraksi di sore menjelang malam dengan memanfaatkan minimnya penerangan di JPO tersebut.

(ret/das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews